Modul Excel – Fungsi VLOOKUP


Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan fungsi referensi ke tabel lain. Dimana nilai dihasilkan berdasarkan key/range tertentu yang sesuai dengan tabel referensi.

Fungsi VLOOKUP

Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai di kolom paling kiri tabel refrensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam baris yang sama dari sebuah kolom yang di tetapkan dalam tabel refrensi. Gunakan fungsi VLOOKUP (bukan HLOOKUP) jika  nilai-nilai perbandingan berada di kolom sebelah kiri data yang ingin ditemukan.

  • Lookup_value, adalah nilai yang dapat ditemukan dalam kolom pertama dari tabel referensi.  Lookup_value dapat berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.
  • Table_array adalah tabel informasi/referensi, tabel ini dapat berupa range, atau nama range.
  • col_index_num adalah nomor kolom pada tabel refeensi  yang akan dihasilkan/atau dikembalikan. Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada pada kolom pertama pada tabel referensi; sJika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada pada kolom keduapada tabel referensi; demikian seterusnya. Jika col_index_num bernilai kurang dari 1, funsi VLOOKUP akan mengembalikan nilai kesalahan berupa # VALUE!, jika col_index_num lebih besar daripada jumlah kolom tabel referensi, maka fungsi VLOOKUP mengembalikan nilai kesalahan berupa # REF! .
  • range_lookup dapat  bernilai TRUE ata FALSE, parameter ini bersifat opsional.  Jika range_lookup berniali TRUE, maka nilai pada kolom pertama pada tabel referensi harus ditempatkan dalam urutan menaik: …, -2, -1, 0, 1, 2, …, AZ, FALSE, TRUE; jika tidak, maka kemungkinan fungsi VLOOKUP tidak akan memberikan nilai yang benar. Jika range_lookup bernilai FALSE, maka tabel tidak perlu disortir. Range_lookup adalah berupa nilai logika yang menentukan apakah fungsi VLOOKUP digunakan untuk pencarian sama persis atau berupa rentang. Jika range_lookup bernilai TRUE atau tidak ditulis, maka nilai yang dikembalikan berupa rentang, Dengan kata lain, bila pencocokan sama persis tidak ditemukan, nilai terbesar berikutnya yang lebih kecil dari lookup_value yang dikembalikan. Jika paramaeter ini bernilai FALSE, maka fungsi VLOOKUP akan melakukan pencarian sama persis. Jika data tidak ditemukan, maka fungsi ini menhasilkan nilai kesalahan # N / A

Contoh:

VLOOKUP-1

Pada contoh kasus ini nilai kolom pertama pada tabel referensi, merupakan nilai rentang. Dimana nilai yang yang tercantum merupakan nilai batas bawah dari rentang. Angka 0 pada baris pertama dan angka 20 pada baris kedua, mengandung pengertian bahwa rentangnya adalah 0 hingga kurang dari 20. Angka 20 pada baris kedua dan angka 45 pada baris ketiga, mengandung pengertian bahwa rentangnya adalah 20 hingga kurang dari 45, demikian seterusnya.

Rumus untuk yang digunakan untuk kolom Abjad adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(C4;$C$12:$D$16;2;TRUE)

  • Parameter pertama bernilai C4, menyatakan nilai/sel yang dijadikan dasar pencarian
  • Parameter kedua bernilai $C$12:$D$16,  adalah alamat absolut C12:D16 yang menyatakan lokasi dari tabel referensi. Untuk membuat alamat absolut Anda dapat menekan tombol F4 setelah memblok tabel refrensi.
  • Parameter ketiga bernilai 2, menyatakan nomor kolom tabel referensi yang menampung nilai-nilai yang dihasilkan oleh fungsi VLOOKUP
  • Parameter keempat diberi nilai TRUE karena kolom pertama dari tabel referensi merupakan rentang.

About these ads

10 thoughts on “Modul Excel – Fungsi VLOOKUP

  1. Saya lebih suka pakai nama sel/range.
    -Blok C11:D16 kasih nama ‘data’
    -pada D4 ketik rumus =VLOOKUP(C4;data;2;1) lalu kopi ke bawah

    note: 1 sbg ganti True, atau tidak usah diberi 1, shg rumsu menjadi =VLOOKUP(C4;data;2)

  2. Ping balik: Tugas Pengganti Kuliah, Sabtu, 11 Desember 2010 « Fairuz el Said

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s