QS. Al A’raf :199 Memaafkan Kesalahan Teman


QS. Al-A'raf:199

Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma´ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh. (QS. Al A’raf :19)

Janganlah hanya karena satu aib tersembunyi atau dosa kecil atau kekhilafan yang sebenarnya bisa ditutupi oleh kebaikannya yang lebih banyak, kita menjauhi seseorang yang dulu kita puji kontribusinya, yang pernah mewarnai hidup kita, yang pernah menularkan ilmunya, yang pernah mebuat kita tertawa. Kita tak akan pernah mampu menemukan orang yang sempurna, sopan tanpa aib. Posisikanlah diri kita dalam posisinya maka kita akan mendapatkan sesuatu yang bisa dia rasakan.

Seorang penyair mengatakan “Siapa orang yang bisa engkau terima semua sikap hidupnya? Cukuplah seseorang dikatakan mulia bila aibnya bisa dihitung”

Biarlah segala kekurangan itu dialihkan dalam jiwa yang lapang dan hati yang damai. Jiwa yang damai adalah jiwa tanpa kemarahan.

Bukti mencintai adalah memaafkan dan menutup mata atas kekurangan orang yang kita cintai. Itupun kalau Ada. Aku berterimakasih pada orang-orang yang selalu mecintaiku, walaupun aku banyak kesalahan dan kekurangan. Aku mencintaimu juga. Sungguh.

About these ads

Satu gagasan untuk “QS. Al A’raf :199 Memaafkan Kesalahan Teman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s