Teori Bahasa dan Otomata (TBO) – Pendahuluan


Pada materi Teori Bahasa Otomata (TBO) ini dibahas tentang Pengertian TBO, Model Komputasi TBO, Peranan TBO dalam Ilmu Komputer dan Contoh Penerapan TBO.

Komputer mengikuti sejumlah prosedur sistematis, atau algoritme, yang dapat diaplikasikan untuk serangkaian input (string) yang menyatakan integer dan menghasilkan jawaban setelah sejumlah berhingga langkah. Teori otomata adalah studi tentang peralatan atau “mesin” komputasi abstrak, yang dapat didefinisikan secara matematis. Tahun 1930-an Alan Turing telah mempelajari mesin abstrak yang memiliki kemampuan seperti komputer sekarang (dalam hal apa yang dihitung). Mesin abstrak merupakan model teoritis dari perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan dalam teori otomata.

Tipe paling sederhana dari mesin abstrak adalah finite automaton atau finite state machine. Prinsip yang mendasari mesin ini adalah sistem pada setiap saat dalam salah satu dari sejumlah state berhingga dan bergerak diantara state-state tersebut dalam merespon sinyal input individual.

Model Komputasi

Teori otomata mempelajari model mesin komputer menggunakan model matematika. Namun matematika yang digunakan benar-benar berbeda dibanding matematika klasik dan kalkulus. Model yang digunakan adalah model mesin state atau model transisi state.

Terdapat tiga topik utama di teori otomata yaitu:

  1. Finite automata (FA) atau disebut Finite State Automata (FSA). FSA terbagi menjadi Deterministic Finite Automata (DFA) dan Non-Derministik Finite Automata (NDFA).
  2. PushDown Automata (PDA) terbagi Deterministic Pushdown Automata (DPDA atau DPA) dan NonDertministik Automata(NDPA)
  3. Turing Machine

Download Materi Selengapknya disini: Teori Bahasa dan Otomata (TBO) – Pendahuluan

About these ads

3 gagasan untuk “Teori Bahasa dan Otomata (TBO) – Pendahuluan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s