Wisata Alama – Cikole (Subang, Jawa Barat)


Wana wisata Cikole terletak diRPH Cikole BKPH Tangkubanperahu KPH Bandung Utara, yang secara administrasif pemerintahan terletak di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung. Wana wisata ini terletak pada ketinggian 1.300m dpl, konfigurasi lapangan umumnya landai sampai bergelembong Kawsan ini mempunyai curah hujan 2.700 mm/tahun dengan suhu udara 12-29C.

cikole

Potensi Kawasan

Wana wisata ini terdiri dari hutan alam dan tanaman campuran (pinus, agathis dan kaliandra). Sumber air yang ada berupa mata air yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan pengunjung. Potensi visual lansekap didalam kawasan

yang menarika adalah hutan alam, hutan tanaman, dan pegunungan dengan udara yang sejuk.

Potensi Wisata

Wana wisata ini selain digunakan untuk wisata harian juga untuk wisata berkemah. kegiatan wisata yang dapat dilakukan adalah piknik, lintas alam dan hiking, sedangkan untuk kegiatan berkemah tersedia beberapa kompleks perkemahan dengan kapasitas tampung 50 unit kemah.

Semula kawasan hutan seluas 10ha ini merupakan hutan produksi pinus yang kemudian dikembangkan sebagai bumi perkemahan. Wana wisata ini dijadikan sebagai areal penyangga dimana TWA Tangkuban Perahu terlalu padat oleh pengunjung.

cikole2

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat dibumi perkemahan ini antara lain pagar pengaman, shelter, jalan setapak, jembatan,  tempat parkir, gardu jaga, gerbang/ loket karcis, rumah petugas, musholla, MCK, instalasi air dan  instalasi listrik, mesin diesel.

Aksebilitas

Wana wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Lembang (17km) Cisarua (7km), Cimahi (23km) dan dari Kabupaten/Kodya Bandung (25km) Subang(45km) Jakarta(205km). Kondisi jalan umumnya baik dan beraspal sehingga dapat dilalui baik kendaraan roda empat maupun dua. Sarana transportasi umum yang ada berupa colt dan bus.

 

6 thoughts on “Wisata Alama – Cikole (Subang, Jawa Barat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s