Pedoman Asistensi FT UPY


PEDOMAN MATAKULIAH ASISTENSI

A. Dasar Pemikiran

Asistensi I dan Asistensi II merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa mulai angkatan 2006. Asistensi I dan II masing-masing memiliki 1 SKS. Asistensi bertujuan untuk membantu Dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam hal ini Mahasiswa dalam perkuliahan dituntut tidak hanya mendapatkan input akan tetapi juga dapat berlatih mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan dalam perkuliahan. Dasar pemikiran yang lain bahwa mahasiswa dilatih untuk ikut aktif dalam perkuliahan sehingga akan mendapatkan pengalaman dalam pengajaran.

B. Batasan

Beberapa batasan dalam pelaksanaan asistensi, sebagai berikut:

  1. Mata kuliah Wajib bagi mahasiswa mulai angkatan 2006
  2. Asistensi I dilaksanakan pada semerter ganjil dan Asistensi II dilaksanakan pada semester genap.
  3. Asistensi I dan II dilaksanakan selama 1 semester.
  4. Mahasiswa yang mendapatkan Asitensi untuk membantu dalam kegiatan pengajaran harus telah mengambil Mata Kuliah yang bersangkutan.
  5. Jumlah mahasiswa dalam setiap Mata Kuliah minimal 1 orang dan atau tergantung jumlah pendaftar.
  6. Jumlah mahasiswa yang mendaftar akan dibagi sebanyak mata kuliah yang akan diberikan asisten.

C. Tujuan

Tujuan dari matakuliah asistensi adalah sebagai berikut:

  1. Melatih kemandirian mahasiswa
  2. Melatih keaktifan mahasiswa
  3. Dengan mengimplementasikan ilmu yang telah di dapatkan secara tidak langsung mendapatkan pengalaman dalam pembelajaran tentang Mata Kuliah yang bersangkutan
  4. Mahasiswa aktif dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

D. Syarat

Bagi mahasiswa yang akan mengambil matakuliah asistensi berlaku syarat sebagai berikut:

  1. Sudah pernah mengambil Mata Kuliah yang bersangkutan
  2. Nilai Mata Kuliah yang bersangkutan minimal bernilai “B”

E. Prosedur

Beberapa aturan prosedur sehubungan dengan pelaksanaan asistensi sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengisi KRS mata kuliah Asistensi I / II
  2. Dosen sebelumnya menyebutkan kegiatan Tri Dharma yang diadakan kepada koordinator.
  3. Semua dosen pembimping akademik (PA) memegang blanko asistensi (3 rangkap) masing-masing untuk koordinator, tata usaha dan pembimbing akademik dan diserahkan pada saat KRS.
  4. Mahasiswa dapat memilih mata kuliah dan minat yang akan diasistenkan maksimal 2 mata kuliah dengan mengisikan blanko yang telah disediakan
  5. Mahasiswa akan dikelompokkan berdasarkan pilihan
  6. Jika jumlah mahasiswa dalam satu mata kuliah terlalu banyak/tidak seimbang dengan mata kuliah yang lain maka akan ditransfer ke dalam mata kuliah yang lain.
  7. Koordinator menampilkan daftar distribusi mahasiswa 1 minggu setelah KRS
  8. Distribusi mahasiswa akan diatur sepenuhnya oleh koordinator dan tidak boleh diganggu gugat.
  9. setelah akhir mata kuliah dibuat laporan dengan format terlampir dan diserahkan ke koordinator
  10. Dosen pengampu memberikan rekomendasi nilai ke koordinator.

F. Kegiatan

  1. Membawa blanko asistensi pada setiap kegiatan asistensi
  2. Meminta tanda tangan pada Dosen sebagai bukti kegiatan asistensi

G. Pembimbingan

Beberapa hal yang berhubungan dengan proses pembimbingan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa melakukan konsultasi di awal mata kuliah dengan dosen pengampu Mata Kuliah yang bersangkutan.
  2. Mahasiswa dapat melakukan konsultasi di sepanjang Mata Kuliah sesuai kebutuhan

H. Koordinasi

Koordinasi dilakukan sebelum mata kuliah yang bersangkutan dengan menghadirkan koordinator Asistensi, Dosen Mata Kuliah yang bersangkutan dan Seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah asistensi

Koordinasi antara Koordinator dan Dosen Mata Kuliah dapat dilakukan secara insedentil sesuai kebutuhan

I. Format dan Sistematika Laporan

Format laporan adalah sebagai berikut :

  1. Laporan dibuat menggunakan aturan berikut :
  2. menggunakan kertas A4 dengan spasi baris 1,5
  3. menggunakan huruf times new roman dengan ukuran 12
  4. Batas atas dan kiri 4 cm, batas kanan dan bawah 3 cm.
  5. Apabila terdapat  kode program dalam penulisan maka ditulis menggunakan huruf  Courier New dengan ukuran 10.
  6. Dijilid terusan menggunakan kertas buffalo warna biru muda

Sistematika laporan disusun sebagai berikut:

  • Cover
    Cover berisi judul, logo, nama mahasiswa, nomor induk mahasiswa, institusi dan tahun pembuatan
  • Halaman Pengesahan,
    berisi pernyataan bahwa laporan telah disetujui oleh dosen pengampu dan koordinator matakuliah Asistensi
  • Kata Pengantar,
    Kata berisi pengantar mengenai laporan dan ucapan terima kasih)
  • Daftar Isi
    Berisi daftar mengenai isi laporan
  • Isi Laporan

Isi laporan dibuat dengan mengikuti sistematika sebagai berikuit:

BAB I    PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Identifikasi Masalah

C. Batasan Kegiatan

C. Tujuan

D. Manfaat

F. Jadwal

BAB II     PELAKSANAAN KEGIATAN

A. Silabus

B. Realisasi Perkuliahan

C. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan

D. Kendala-kendala, saran

BAB III    PENUTUP

A. Saran

B. Simpulan

LAMPIRAN

  • Lembar Kegiatan Matakuliah Asistensi
  • Materi Pembelajaran, dapat berupa: bahan ajar, modul, diktat,  dan presentasi, quis, Contoh2: soal uts dan soal UAs

J. Penilaian

Penilaian direkomendasikan oleh Dosen Pengampu kepada Koordinator. Penilaian yang dilakukan berdasarkan :

  1. Keaktifan( 80 % )
  2. Laporan ( 20  %)

Nilai sepernuhnya ditentukan oleh koordinator dan tidak boleh diganggu gugat.

K. Administrasi

Pembayaran asistensi sebesar Rp. 5.000,- yang akan digunakan untuk mencetak sertifikat dan kegiatan presentasi.

L. Lain-lain

  • Laporan 2 rangkap
  • CD 2 Keping, terdiri dari 2 Folder :
    • Naskah, berisi naskah laporan (format: rtf dan Pdf)
    • Materi,berisi materi-materi pembelajaran
  • CD dilabeli dengan dengan format yang telah ditentukan
  • Cashing CD berbentuk segi empat, berbahan plastik (bukan Mika), dan berwarna Hijau

Download file: Contoh Cover, lembar pengesahan dan label CD Asistensi

 

 

2 thoughts on “Pedoman Asistensi FT UPY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s