Tokoh IT – Jerry Yang & David Filo (Yahoo!)


Jerry Yang (CEO Yahoo!)

Jerry Yang (CEO Yahoo!)

Tokoh IT yang akan kita ulas biorafinya ini merupakan tokoh yang mengakibatkan revolusi dunia internet. Jerry Yang boleh dibiliang sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam perkembangan Internet.

Jerry Yang lahir di Taiwan pada tahun 1968. Ayahnya meninggal ketika ia masih balita.  Ibunya adalah  seorang Profesor Bidang bahasa Inggris, mereka pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1978. Ketika mereka tiba di Amerika, satu-satunya kata bahasa Ingiris yang diketahui oleh Yang dan adiknya adalah “Shoe” (sepatu).  Keluarga ini akhirnya menetap di San Jose.

Pendidikan Jerry Yang

Jerry Yang mendapatkan gelar sarjana dan gelar master di bidang teknik listrik di Stanford dalam empat tahun. Selama kuliah, dia bekerja bekerja paruh-waktu untuk membiayai kuliahnya . Jerry Yang tetap menetap di Stanford meneruskan studinya untuk meraih gelar doktor.  Tetapi karena asyik dengan bisnis Yahoo! nya maka studi doktoralnya tidak pernah selesai.

Jerry Yang  & David Filo mendirikan Yahoo!

Jerry Yang And David Filo

Jerry Yang  Bersama dengan sahabatnya David Filo , pada tahun 1990 adalah mahasiswa program doktor di Stanford University. Mereka lebih menyukai kegiatan surfing di Internet, daripada aktifitas dan penelitian program doktor yang mereka tempuh. Mereka mulai mengumpulkan link situs-situs yang menarik. Tidak membutuhkan waktu lama, mereka telah mengkompilasi bookmark list yang besar. List tersebut kemudian  di buat kategori dan sub kategori yang bersifat hirarki. Kemudian mereka memiliki ide untuk memasukannya di web melalui sebuah program database untuk menanganinya, sehingga dapat diakses secara online. Awalnya, yang mengakses ke direktori Yahoo! hanya Yang, Filo, dan beberapa teman dekat mereka di Stanford University. Namun, dari obrolan mulut ke mulut, orang mengakses ke Yahoo! menjadi semakin banyak. Mengetahui bahwa orang yang mengakses ke Yahoo! menjadi sangat banyak, mereka akhirnya menjadikan Yahoo! sebagai bisnis.

Situs yahoo!

Situs yahoo!

Yahoo.com bermain di area web portal,web search engine,mail dan news. Inilah peristiwa bersejarah yang mengawali lahirlah perusahaan besar bernama Yahoo!. Yahoo merupakan singkatan dari Yet another Hierarchical Officious Oracle. Mereka menggunakan nama yahoo karena terinspirasi dari buku karangan Jonathan Swift yang berjudul Gulliver’s Travel. Beberapa waktu kemudian ada perusahaan saus barbeque yang bernama EBSCO industries yang mengklaim bahwa nama yahoo telah terlebih dahulu dipatenkan sebagai merk dagang mereka. Sehingga,untuk membedakannya, Yang dan Filo menambahkan tanda seru (!) dibelakang yahoo. Jadi itulah mengapa kita menemukan tanda seru tersebut di setiap kata yahoo dalam website mereka.

Bisnis Yahoo!

Yahoo! Office

Yahoo! Office

Pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kerja sama bisnis dengan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka pun menjalin kerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems. Mereka setuju untuk mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta. Karena realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry Yang dan David mulai membangun sebuah tim manajemen. Mereka merekrut seorang veteran Motorola dan alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle sebagai chief executive officer dan Jeffry Mallet seorang Pendiri Novell’s Divisi konsumen WordPerpectm sebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Situs yahoo ini telah menarik pengunjung 1,5 triliun selama tahun 2007 kemarin,atau 3,4 milyar pengunjung seharinya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, http://www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Perusahaan membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain produktivitas dan web untuk klien-kliennya. Jasa mendesain termasuk dalam kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan ; audio dan video streaming ; toko hosting dan manajemen ; dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Kekayaan Jerry Yang

Menurut Fortune.com, kekayaan pria dengan nama asli Yang Chih-Yuan ini pada tahun 2000 sekitar 5,85 miliar dolar AS. Rumah tinggalnya dibeli seharga 1,9 juta dolar AS, terletak di Los Altos, kawasan barat San Jose dengan lima kamar tidur dan pemandangan ke arah Teluk San Fransisco. Meski demikian, ia tak lupa pada almamaternya. Bersama David Filo, ia menyumbang 2 juta dolar AS untuk almamaternya tersebut

Baca Juga :


Iklan

2 thoughts on “Tokoh IT – Jerry Yang & David Filo (Yahoo!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s