Tips Blog & SEO – Internal Lingking (Virtual Themes)


Kali ini saya ingin membahas teknik/tips Blog & SEO yang sangat penting, yaitu penggunaan internal lingking, teknik ini  sering disebut juga sebagai virtual themes.  Mudah-mudahan bahasan ini dapat membantu meningkatkan rating blog Anda secara signifikan hanya dengan menggunakan keyword tertentu.

Ide dari teknik internal linking adalah bagaimana agar pengguna tertarik mengunjungi salah satu artikel anda dan dengan rela mereka mengakses artikel yang lain dengan mengklik link-link yang sengaja disebar untuk memuaskan keiingintahuannya. Tentu saja link-link yang tersebar dalam artikel haruslah memiliki relevansi yang cukup tinggi dengan artikel itu sendiri. Karena secara psikologis, pengunjung sedang tertarik tentang hal-hal seputar topik yang dibahas dalam artikel yang sedang dibacanya. Teknik internal lingking sangat ideal untuk membantu mesin pencari dan pengunjung menemukan permata tersembunyi di balik permukaan situs/blog Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus cukup yakin telah memiliki sejumlah konten/tulisan yang memadai untuk mendukung kata kunci yang ditargetkan. Jarang to kita menemukan sebuah situs atau blog dengan peringkat yang baik tanpa adanya keyword yang kompetitif (kompetitif dalam arti bahwa hal itu sangat dicari) dan hanya memiliki beberapa halaman yang berisi topik yang tidak konsisten. Makanya rajin-rajin posting yang konsisten dan berkesinambungan ya.

Sesungguhnya, lebih baik membangun situs dengan benar sejak pertama dipublish, daripada harus kembali untuk memperbaiki setiap postingan yang telah dibuat. Namun karena sebagian besar situs sudah dibangun dengan tanpa konsep internal lingking yang benar, maka untuk menerapkan teknik ini, maka terkadang blogger harus sedikit membongkar posting-posting  yang telah ada.  Untuk kasus seperti ini, saya sering menggunakan cara yang sederhana namun cukup efektif untuk mengetahui keyword-keyeword potensial untuk saling dihubungkan. Caranya melalui perintah pencarian Google [site: namadomain.com keyword] contohnya, saya ingin tahu urutan peringakat  artikel tentang keyword “excel”, maka saya cukup menulis site: fairuzelsaid.wordpress.com excel. Dengan demikian, dapat dilihat urutan artikel-artikel yang berhubungan  dengan keyword tersebut. Nah dsinilah kuncinya, buatlah sebuah postingan yang mengarahkan ke link-link yang paling didisukai pengunjung.Artinya tawarkanlah dagangan anda yang paling laris.

Strategi internal lingking lainnya adalah dengan membuat/merencanakan postig-posting baru dalam bentuk struktur pohon, hingga merujuk kesalah satu keyword target anda. Proses Publish hanya boleh dilakukan, ketika seluruh postingan telah selesai dan siap untuk saling dikaitkan. Jangan kecewakkan pengguna dengan link-link mati. Untuk lebih memperjelas lihat gambar berikut ini.

Strategi Internal lingking

Strategi Internal lingking

Teknik ini dianggap lebih efisien dibandingkan teknik sebelumnya, tapi anda harus punya kesabaran yang cukup untuk menerapkannya, karena memerlukan waktu relatif lama untuk mempersiapkannya.

Selamat mencoba. Mudah-ahan bermanfaat dan tidak kontra produktif.

Baca Juga:

Urutan di Google:

Internal Lingking

Internal Lingking

4 thoughts on “Tips Blog & SEO – Internal Lingking (Virtual Themes)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s