Curhat – Nol


Nol - Awal Skala

Nol - Awal Skala

Nol itu seperti surga. Nol sepertinya jauh lebih baik daripada memiliki hutang yang tak terbayarkan. Nol ternyata bukanlah titik  terendah. Kita hanya sering menggunkannya sebagai awal skala dan senang dengan hal tersebut. Jadi ingat iklan pertamina “Dari Nol Pak”. Padahal mungkin kita lebih senang kalo mendengar “dari minus 10 ribu pak”.

Barat dalam masa kegelapan karena tidak memahami Nol. Bagaimana bisa melihat sisi positif dari hal negatif jika memandang nol saja tidak mampu. Nol harus ditemukan, bahkan sebelum bahasa tertulis dikembangkan. Seperti roda, nol adalah tonggak peradaban. Berbeda dengan Barat yang memandang nol dengan skeptik, bangsa-bangsa Timur menerima konsep itu dengan terbuka. Konsep agama yang menerima konsep kekosongan memudahkan nol lebih diterima. Konsep nol memungkinkan kita lebih memahami paradoks Maha Satu, dan Maha Tak Hingga. Nol adalah angka penting yang lahirnya bungsu namun tidak memahaminya berarti masa kegelapan.

Disisi lain, Nol bagiku sesungguhnya bilangan mustahil bagi manusia, karena jika diakumulasi sesungguhnya kita tidak betul-betul nol. Tuhan yang maha “Satu”  menganugrahi kita begitu banyak nilai plus, sehingga walaupun kita memiliki begitu banayak minus, kita tidak nol. Jangan pernah berkata  “saya akan memulainya dari nol“.  Apakah kita lupa dengan nilai plus yang telah dianugrahkanya.  Sungguh kita tidak pernah nol dimataNya. Kita tidak diciptakan sisa-sia.

Merasa nol dihadapan yang Maha Satu hukumnya Wajib.
Merasa nol menghadapi dunia hukumnya Haram.
Bijaklah memandang Nol.

Sujud it's zero kilometer position

Curhatku ketika merasa nol dan sekaligus tidak nol

8 thoughts on “Curhat – Nol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s