Modul Internet – Searching di Google


Siapa yang tak kenal dengan Google. Kata Google sepertinya sudah melekat kuat di benak puluhan juta pengguna Internet. “Googling aja..”, atau “tanya om Google.., celetukan seperti itu sering dilontarkan kalangan pengguna Internet kepada mereka yang ingin berburu informasi.

Bahkan Google mungkin menjadi ‘perhentian’ pertama bagi sebagian pengguna Internet ketika melakukan pencarian. Tampil sederhana dengan logo warna-warninya, dalam waktu singkat raksasa mesin cari ini mampu melayani ratusan juta pencarian dalam sehari.Cukup ketikkan kata kunci informasi yang ingin dicari, Google akan menyuguhkan informasi yang terkait dengan pencarian dalam waktu singkat

Mencari Artikel di Google

Bubuhi tanda kutip (”…”), jika Anda ingin mencari informasi yang tepat sasaran.Tanda kutip akan menghasilkan halaman-halaman web yang lebih tepat sasaran dan berhubungan erat dengan informasi yang Anda cari. Dengan membubuhkan tanda kutip di awal dan akhir kumpulan kata, maka Google akan menyuguhkan hasil pencarian yang sama persis dengan yang Anda ketikkan.
Pakai tanda “~” untuk mencari sinonim kata.Coba amati bagian ujung kiri atas keyboard Anda. Disana Anda akan menemukan tanda ~ bukan? Mungkin beberapa dari Anda ada yang tidak tahu fungsi karakter ini. Tanda ini ternyata sangat berguna dalam melakukan pencarian di Google. Coba ketikkan karakter ini di depan sebuah kata (tanpa spasi). Dengan begitu Google akan mencari halaman berisi kata yang dimaksud tadi atau sinonimnya.
Apa fungsi tombol I’m Feeling Lucky?Tombol I’m Feeling Lucky yang ada di homepage Google mungkin akan sangat berguna bagi Anda yang tak ingin buang waktu membaca hasil pencarian yang dikeluarkan Google satu persatu. Masukkan kata yang Anda cari, lalu klik tombol ini, maka Google akan memotong daftar hasil pencarian yang panjang tadi. Anda akan diantarkan langsung ke halaman web yang paling sesuai. Misalnya, Indonesia University, klik tombol I’m Feeling Lucky maka Anda akan diantarkan langsung ke situs UI.

Mencari Gambar di Google

Mau mencari foto artis idola Anda? Klik saja tombol “Images” yang terletak di atas kotak pencarian, lalu ketikkan nama artis atau tokoh yang Anda inginkan. Google akan mencarikan foto atau gambar tersebut di database-nya lengkap dengan link halaman tempat gambar tersebut muncul.Ketikkan kata yang lebih panjang agar hasil pencarian lebih relevan.Ada baiknya jika Anda mengetikkan kata yang lebih panjang di kotak pencarian Google agar hasil pencariannya lebih baik.

Penterjemah Google

Google bisa menjadi kamus dan menterjemahkan bahasa.Ingin mencari definisi sebuah kata? Google bisa berfungsi sebagai kamus. Cukup tambahkan kata define diikuti kata yang ingin Anda cari, maka Google akan memberikan definisi yang Anda ingin cari dalam waktu singkat.Selain itu, Google juga bisa menjadi penterjemah bahasa. Perhatikan link “Languange Tools” yang ada di sebelah kanan kotak pencarian di homepage Google. Klik link tersebut, Anda akan diantarkan ke layanan penerjemahan Google. Ada banyak bahasa yang tersedia disana.
Ada banyak informasi yang tersedia dari buku-buku aktual di dunia.Ibaratnya sebuah rak yang berisi buku-buku, Google juga punya ‘rak’ buku online. Coba buka alamat http://www.books.google.com, disana Anda bisa melihat atau membaca beragam teks dari buku-buku aktual di seluruh dunia. Hanya saja, yang dapat Anda buka atau baca adalah yang karyanya tidak dilindungi hak cipta.

Kalkulator Google

Kalkulator dan buku telepon online.Google bisa juga dipakai sebagai kalkulator. Cukup ketikkan angka yang ingin Anda olah di kotak pencarian, Google akan mengolahnya seperti layaknya kalkulator yang biasa kita pakai. Misalnya 145+869, 125*45, 10% of 100 dan sebagainya.Selain kalkulator, Google juga bisa dimanfaatkan sebagai buku telepon. Cukup ketik nama seseorang yang Anda cari, nama kota, propinsi atau nama negaranya di kotak pencarian, Google akan menyuguhkan informasi yang Anda cari itu.

Mencari file berdasarkan format ( filetype:keyword )

Jika anda sering googling mencari file-file tertentu yang sesuai dengan minat anda, anda bisa gunakan trik ini. Misal :

Mencari file PDF : belajar bisnis online filetype:pdf
Mencari file DOC : belajar di luar negeri filetype:doc

Mencari situs-situs edukasi di Google

Sebenarnya anda bisa mencari materi-materi edukasi di Google scholar search. Tapi anda pun bisa melakukannya di di kotak searchnya Google yang standar. Cukup tambahkan parameter site:edu. Misal : belajar di luar negeri filetype:pdf site:edu.

Mencari arti kata atau singkatan ( define:keyword )

Pernah menemukan kata-kata yang asing di telinga kita? Cobalah untuk mencari artinya di Google. Gunakan parameter define:keyword. Misalnya : define:abrogation. Anda akan menemukan artinya dalam bahasa Inggris jika anda menggunakan Google.com. Untuk bahasa Indonesia, gunakan Google.co.id. Juga akan disajikan link-link alternative untuk memahami arti kata tersebut lebih jauh.

Parameter define juga bisa digunakan untuk kata-kata singkatan. Anda tahu apa itu JIT? Coba saja searching dengan define: JIT.

Mengetahui waktu suatu tempat (time location)

Anda punya sobat di New York, London, atau lainnya? Jika anda ingin chatting dengan sobat-sobat anda itu, tentu anda tidak ingin chatting itu nanti malah mengganggu tidurnya. Anda bisa menggunakan Google untuk mengetahui jam berapa di sana. Ketik time new york atau time london.

Mengetahui cuaca di suatu tempat ( location weather )

Sedang bersiap-siap untuk pergi ke luar negeri kah? Nah, supaya tidak bingung , bawa jaket tebal atau bawa celana pendek, cari tahu dulu cuaca di lokasi tujuan anda dengan Google. Misalnya : sidney weather.

Convert mata uang di Google

Bagi anda publisher sukses yang Google Adsense-nya lancar dan ingin iseng mengkonversi, misal 1241 USD anda ke Rupiah, coba saja ketik 1241 USD in IDR di search box-nya Google. Sebaliknya, bagi kita-kita yang di-‘sawer’ Adsense cuma 1 USD, coba saja konversi ke dollar Zimbabwe biar dollarnya jadi kelihatan berlimpah ruah. He..he..

Sayang, konversi 1 USD in ZWD tidak langsung menunjukkan hasil konversinya. Mbah Google-nya bingung ‘kali.

Mencari peta kota ( map location )

Google juga bisa menjadi mesin pintar yang akan menyediakan peta kota tertentu. Gunakan parameter map location. Misalnya : map jakarta.

Saya yakin masih ada trick yang lain untuk mengoptimalkan kerja Google search box, dan sebagian besar di antara anda pasti sudah tahu. Misalnya untuk pernak-pernik SEO, mengetahui backlink, cache, atau lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s