Rancangan Perubahan Kurikulum 2010, Program Studi Teknik Informatika (TI), Fakultas Teknik, Universitas PGRI Yogyakarta (UPY)


Rancangan Perubahan Kurikulum 2010, Program Studi Teknik Informatika (TI), Fakultas Teknik, Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) dibuat untuk mengantisipasi kebutuhan stakeholder akan SDM Teknik informatika yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan dunia industri, pasar kerja dan memiliki jiwa kewirausahaan (Enterpreneurship). Pada kurikulum ini terdapat berbagai konsep yang cukup  berbeda dari kurikum sebelumnya.

Pada kurikulum 2010 dilakukan peminatan 3 konsentrasi, yaitu:

  • Harwadre dan Jaringan Komputer
  • Sistem Cerdas
  • Sistem Informasi

Mahasiswa diarahkan untuk memilih salah satu minat agar setiap memiliki kemampuan khusus dibidang kompetensi tertentu, dengan kata lain mahasiswa didorong menjadi seorang spesilist dan bukan seorang yang generalist, mengingat kebutuhan pasar kerja seperti itu.

Atas pertimbangan tersebut maka Matakuliah dibagi atas 3 kelompok, yaitu:

  • Matakuliah Wajib
  • Matakuliah Wajib Minat
  • Matakuliah Pilihan

Matakuliah wajib berisi matakuliah berisi komptesi dasar yang menjadi kompetensi landasan yang harus dimiliki oleh lululusan. Matakuliah wajib  mengikuti kurikulum Inti yang diwajibkan oleh APTIKOM dan matakuliah lain yang dianggap merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh lulusan.

Pada kurikulum ini diplih model pembelajaran berbasi proyek/project base learning(PBL), Pendekatan PBL adalah penggunaan proyek sebagai metoda pengajaran/pembelajaran. Dengan model ini mahasiswa bekerja secara nyata, seolah-olah ada di dunia nyata yang dapat menghasilkan produk secara realistis. Prinsip yang mendasari adalah bahwa dengan aktifitas kompleks ini, kebanyakan proses pembelajaran yang terjadi tidak tersusun dengan baik. Alternatif penggunaan PBL adalah sesuatu yang sangat berbeda.

Download: Rancangan Perubahan Kurikulum 2010 Prodi TI, FT, UPY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s