Keamanan Sistem Informasi – Pengamanan Komputer


Materi Kemanan Sistem Informasi membahas Pengamanan komputer dengan berbagai cara:

Keamanan Sistem Informasi - Pengamanan Komputer

Keamanan Sistem Informasi - Pengamanan Komputer

Password untuk melindungi dokumen.

Anda dapat melingdungi file anda dengan password. Di Word, klik di File > Save As > Tools > General Options, kemudian memilih password. Anda dapat menghalang orang lain membuka dokumen, atau menghindari perubahan pada dokumen itu. Di Excel, anda dapat juga menyembunyikan worksheet (Tools > Protection > Protect Sheet) atau sel-sel tertentu (Format > Cells > Protection).

Password untuk melindungi komputer.

Bila anda menggunakan komputer pribadi (atau bila kantor telah sediakan komputer untuk keperluan anda sendiri), anda dapat menghalang orang lain untuk menggunakan komputer itu. Di Windows, klik Start > Settings > Control Panel > Power Management.

Menggunakan kabel pengaman

Untuk menghindari kecurian, komputer dapat diikat ke meja dengan kabel pengaman. Kabel tersebut disarakan khusus untuk laptop karena sangat mudah dicuri. Kalau anda melindungi komputer dengan password atau kabel pengaman, beri tahu kepada pihak lain yang terpercaya apa passwordnya atau tempat penyimpanan kunci. Mungkin diperlukan dalam keadaan darurat.

Lokasi komputer

Komputer dapat berfungsi tanpa AC, tapi riwayatnya cenderung lebih pendek karena debu, panas dan lembab menimbulkan tumbuhan jamur di hard disk dan di disket yang tersimpan di ruang komputer. Beberapa komputer di ruangan menghasilkan panas yang nyata, menciptakan lingkungan kerja yang sulit. Bila perlu, sebaiknya ada AC.

Perlindungan listrik

Gunakan UPS (uninterruptible power supply) dan stabilizer supaya komputer terlindung dari goncangan listrik. Kalau ada modem, gunakan pelindung modem untuk mencegah sambaran petir. Kalau ada badai berhalilintar, sebaiknya matikan komputer dan cabut listrik dan modem.

Penamaan file

Banyak file terhapus secara tidak sengaja karena isinya tidak jelas: namanya seperti surat.doc, surat1.doc, dll, dan menumpuk semua di My Documents atau di C:\. Sebaiknya ciptakan struktur direktori yang jelas (misalnya, satu folder untuk setiap pengguna komputer, dengan subfolder untuk topik tertentu). Kemudian berikan nama pada file yang jelas. Jangan (misalnya) surat.doc, tapi minta_cuti_Sep2002.doc.

Penyimpanan versi dokumen

Bila anda mengerjakan dokumen yang melewati beberapa versi (seperti publikasi), simpanlah setiap versi dengan nama berbeda. Misalnya renstra2002_1.doc untuk versi pertama, renstra2002_2.doc untuk versi kedua, dll. Dengan itu, kalau perlu kembali ke versi sebelumnya, naskahnya masih awet. Baru kalau versi terakhir disahkan oleh yang berwewenang, versi sebelumnya dapat dihapuskan.

Pencegahan virus

Melindungi komputer anda terhadap virus. Gunakan pelindung virus yang canggih dan diperbarui setiap dua minggu. Periksa setiap dokumen yang masuk ke komputer anda lewat jaringan, internet atau disket. Kalau kena virus, langsung dibersihkan

2 thoughts on “Keamanan Sistem Informasi – Pengamanan Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s