Sistem Informasi – Internet dan Aplikasi Web


Pada sesi Sistem Informasi ini akan dibahas  tentang konsep Internet dan Aplikasi Web yang terdapat didalamnya.

Internet

Pengertian Internet

Interconnected Network (Internet)

Interconnected Network (Internet)

Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui erbagai macam media (kabel, radio, satelit dll). Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini dapat diumpamakan sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke Internet. Tanpa mengikuti protokol standard ini, komputer kita tidak akan mampu berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet. Protokol TCP/IP ini memberikan suatu IP Number (nomor IP) yang unik untuk tiap komputer yang terhubung ke Internet sehingga lalu lintas data di Internet dapat diatur. Untuk memudahkan kita mengingat maka dibuatlah IP Address (alamat IP) sebagai representasi dari nomor IP.

Contoh nomor IP : 203.130.205.65

Contoh alamat IP : UBL.ac.id

Masing-masing komputer di Internet memiliki kandungan informasi yang begitu beragam, mulai dari hal-hal yang sederhana sampai dengan hal-hal yang serius seperti penelitian. Hal ini memungkinkan terjadinya sharing of resources diInternet.

Sejarah Internet

Pada awalnya internet merupakan sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika di awal tahun enam puluhan, melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yang disebut ARPANET, dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak berhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, Beberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal untuk pengembangan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). ARPANET dibentuk secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika, yaitu: Stanfor Research Institute, University of California at SantaBarbara, University of California at Los Angeles, dan University of Utah. Dimanamereka menbentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, jumlah komputer tergabung dalam ARPANET hanya 213 komputer, kemudian di tahun 1986 bertambah menjadi 2.308 komputer, dan 1,5 juta komputer pada tahun 1993.

Pada awal tahun delapan puluhan, seluruh jaringan yang tercakup dalam proyek ARPANET kemudian diubah menjadi TCP/IP, karena proyeknya sendiri sudah dihentikan, dan jaringan ARPANET inilah yang merupakan koneksi utama(backbone) dari internet. Proyek percobaan tersebut akhirnya dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) seperti lembaga ilmu pengetahuan seperti LIPI di Indonesia. NSF lalu mengubah nama jaringan ARPANET menjadi NSFNET dimana backbonenya memiliki kecepatan tinggi dan dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di uiversitas dan lembaga penelitian yang tersebar di Amerika.Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990. Jelaslah bahwa awalnya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi peneliti untuk aling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka.

Manfaat Internet

Komunikasi

Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang supercepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Hal ini dimungkinkan karena jangkauan Internet yang telah meng-global. Asal kita mengetahui alamat seseorang atau suatu lembaga di Internet, kita dapat mengirim informasi kapan saja dan kemana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat dan cara yang sangat mudah. Internet juga dapat menghemat biaya komunikasi yang harus dikeluarkan. Informasi Dikarenakan begitu banyaknya komputer yang terhubung ke Internet, dimana masing-masing komputer memiliki kandungan informasinya sendiri-sendiri, maka gabungan seluruh informasi di Internet sangatlah luar biasa. Internet merupakan sumber informasi yang melimpah (hampir tanpa batas) yang terus berkembang seiring dengan makin berkembangnya Internet itu sendiri.

Kolaborasi

Kolaborasi yang dimaksudkan di sini adalah suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team-work). Anggota tim bisa terdiri dari berbagai macam ahli dari berbagai bidang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Internet merupakan media yang sangat membantu suatu kolaborasi yang biasanya terhambat oleh ruang dan waktu. Melalui Internet kita dapat melakukan suatu konferensi (conference) dengan berbagai pihak di mana pun mereka berada. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui Internet.

Syarat Terhubung ke Internet

Untuk berhubungan dengan internet tentunya harus mempunyai komputer. Internet adalah jaringan komputer, oleh karena itu jalan satu-satunya untuk berhubungan dengan internet adalah melalui komputer. Selain itu juga diperlukan hardisk yang berisi software untuk berhubungan dengan Internet Service Provider (ISP) dan internet seperti web browser, serta digunakan untuk menyimpan informasi-informasi yang anda download. Untuk bisa terhubung ke internet tidak cukup hanya dengan komputer saja, tapi ada alat bantu lainnya yaitu:

Modem

Modem adalah perangkat keras tambahan untuk komputer (baik jenis card/internal, maupun eksternal yang terletak diluar komputer). Pada dasarnya modem adalah alat yang memungkinkan komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui kabel telepon.Kata modem berasal dari kata modulasi demodulasi, yang bisa diartikan sebagai proses perubahan sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog (modulasi) sehingga dapat dikirim lewat kabel telepon. Modem penerima akan mengubah sinyal analog tadi menjadi sinyal digital kembali untuk diproses selanjutnya oleh komputer (demodulasi). Telepon. Modem memerlukan telepon untuk melakukan tugasnya. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan saat memulai hubungan dengan Internet Service Provider pada dasarnya sama dengan proses saat kita melakukan proses menelepon. Jika ada yang menelepon saat menggunakan modem, maka dia akan menerima nada sibuk dan tidak bisa menghubungi kita. Karena modem dan telepon berkaitan erat, kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus dibayar setiap bulan. Sehingga, modem yang cepat akan lebih menghemat uang daropada modem yang lambat.

Software

Software diperlukan untuk berhubungan dengan internet. Tanpa software yang sesuai, kita tidak bisa mengakses internet. Contoh software yang diperlukan adalah:

  • Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape, adalah browser untuk , mengakses halaman web.
  • Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah softwate khusus untuk FTP.
  • Untuk E-mail, kita menggunakan Internet Mail/Outlook atau Netscape Mail. mIRC, Yahoo

Messenger atau ICQ adalah program untuk chatting yang paling populer saat ini.Internet Service Provider. Untuk bisa bergabung dengan internet, kita harus mempunyai akses dengan cara berlangganan ke penyedia jasa internet atau lebih ering disebut dengan Internet Service Provider (ISP). Internet adalah perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk memungkinkan kita berhubungan dengan internet. Untuk mengaksesnya kita cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem, selanjutnya ISP akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet, termasuk biaya SLJJ koneksi tersebut. Jadi misalnya kita sedang mengakses homepage luar negeri, maka ISP-lah yang menanggung biaya hubungan ke luar negeri. Kita cukup membayar biaya pulsa lokal yang digunakan untuk menghubungi Internet Service Provider tersebut.

Sumber Daya Internet

  • E-mail. Digunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronis.
  • Usenet Newsgroup. Forum diskusi
  • LISTSERV. Kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronis
  • IRC (Internet Relay Chat). Fasilitas yang memungkinkan pemakai (user) melakukan percakapandalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif. Telnet. Fasilitas yang memungkinkan pemakai melakukan koneksi (login) ke suatu sistem komputer
  • FTP (File Transfer Protocol). Sarana untuk melakukan transfer berkas dari komputer lokal ke suatu komputer lain atau sebaliknya.
  • Gopher. Perangkat yang memungkinkan pemakai untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher melalui menu yang bersifat hierarkis.
  • Archie. Perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Netwide index to ComputerArchieves). Merupakan kemampuan tambahan yang dipakai untuk melakukan pencarian pada situs-situs gopher.
  • WAIS (Wide Area Information Servers). Perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada internet yang dilaksanakan dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari.
  • World Wide Web. Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasidalam internet melalui pendekatan hypertext.

Sumberdaya internet yang cukup banyak dimanfaatkan oleh para pemakai adalah surat elektronis e-mail). Sesuai dengan namanya, pengiriman suratdilakukan secara elektronis, bukan dalam bentuk kertas. Surat elektronis menawarkan keunggulan berupa kecepatan pengiriman surat (umumnya surat sampai ke tujuan hanya dalam waktu beberapa detik). Transfer e-mail yang cepat menggunakan protokol yang disebut SMTP(Simple Mail Transfer Protocol). Dalam hal ini, mail server (server yangmenangani e-mail) segera menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat. Model pengiriman e-mail yang lain adalah simpan-dan-teruskan (store-and-forward). Cara ini diterapkan jika server tujuan tidak selalu terhubung ke internet. Setiap pengirim atau penerima e-mail memiliki alamat e-mail. Bentuk alamat surat elektronik tersebut adalah:

userid@domain , najwan@ubl.ac.id

dimana:

najwan = userid (identitas pemakai)

ubl.ac.id = nama domain

Contoh-contoh domain :

  • sg : Singapura
  • my : Malaysia
  • th : Thailand
  • au : Australia

Perkecualian adalah untuk negara Amerika Serikat (USA) dimana huruf akhir dari nama domain-nya berjumlah 3 huruf dan tidak mencerminkan namanegaranya namun menunjukkan jenis institusinya. Berikut daftar nama domain untuk negara Amerika Serikat:

  • edu : pendidikan (education)
  • gov : pemerintah (government)
  • com : bisnis/komersial (commercial)
  • mil : militer (military)
  • net : institusi yang berhubungan dengan jaringan komputer networking)
  • org : organisasi lain yang tidak tercakup dalam kategori-kategori di atas

Negara-negara lain selain Amerika, menempatkan pembagian kategori serupa di depan kode negaranya, seperti berikut:

  • ac: pendidikan (academic)
  • go: pemerintah (government)
  • co: bisnis (commercial)

World-Wide Web

Sistem pengaksesan informasi dalam internet yang paling terkenal adalah World Wide Web (WWW) atau biasa dikenal dengan istilah Web. Pertama kalidiciptakan pada tahun 1991 di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa, Jenewa, Swiss. Tujuan awalnya adalah untuk menciptakan media yang mudah untuk berbagi informasi diantara para fisikawan dan ilmuwan. Web menggunakan protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen web ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Dokumen ini diletakkan dalam web server (server yang melayani permintaan halaman Web) dan diakses oleh klien (pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang disebut Web Browser atau sering disebut browser saja. Konsep hypertext yang digunakan pada Web sebenarnya telah dikembangkan jauh hari sebelum kehadiran Web. Dengan menggunakan hypertext, pemakai dapat melompat dari suatu dokumen ke dokumen lain dengan mudah, dengan cukup meng-klik teks-teks khusus pada awalnya ditandai dengan garis bawah. Penggunaan hypertext pada Web juga telah dikembangkan lebih jauh menuju ke hypermedia. Dengan menggunakan pendekatan hypermedia tak hanya teks yang dapat dikaitkan, melainkan juga gambar, suara, dan bahkan video. Informasi yang terdapat pada Web disebut halaman web (web page). Alamat Internet untuk WWW disebut dengan URL (Uniform Resource Locatoratau Universal Resource Locator) dan memiliki format sebagai berikut:

protocol://www.domain/path/file.htm

http://ubl.ac.id/info/index.htm

Dimana:

  • http: jenis protokol yang digunakan (Hypertext Transfer Protocol)
  • ubl.ac.id : nama domain
  • info/pmb/: path atau bisa juga disebut direktori tempat suatu file tersimpan
  • Index.htm: nama file yang menyimpan informasi yang ditampilkan pada umumnya berakhiran dengan .htm atau .html

Protocol di sini selain http dapat pula berupa ftp (File Transfer Protocol), gopher, telnet, dll yang akan dijelaskan kemudian. Pada umumnya URL dimiliki oleh suatu instansi, namun sebagai pribadi kita pun dapat memiliki URL tersendiri di Internet, yang biasanya disebut homepage pribadi (Personal omepage) yang format umumnya adalah http://home.mitra.net.id/najwan dimana najwan adalah userid yang dimiliki yang menunjukkan keanggotaan dari suatu ISP (dalam contoh ini yaitu MitraNet).

Aplikais Web

E-Bussiness

Definisi e-bussiness atau bisnis elektronis adalah penggunaan teknologi internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses-proses bisnis, perdagangan elektronis (electronic commerce atau e-commerce), dan komunikasi serta kolaborasi antara sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra kerja bisnis elektronis lainnya.Aplikasi komunikasi dan kolaborasi perusahaan digunakan untukmendukung komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi anggota tim bisnis dalam perusahaan. Sebagai contoh, para pegawai dan konsultan yang terlibat dalam sebuah proyek bisa menggunakan jaringan telekomunikasi, baik menggunakan Internet, Intranet, atau Extranet untuk saling berkomunikasi.

E-Commerce

E-commerce digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa ,dan informasi melalui internet atau extranet. E-commerce umumnya dikelompokkan menjadidua buah kategori, yaitu Bussiness-to-Bussiness (B2B) dan Bussiness-to-Consumer (B2C). Pada perkembangan terakhir juga muncul jenis hubungan yang disebut consumer-to-consumer (C2C) dan consumer-to-bussiness (C2B). menyatakan penjualan produk jasa yang melibatkan beberapa perusahaan dan dilakukan dengan sistem otomasi. Umumnbya perusahaan-perusahaan yang terlibat adalah pemasok, distributor, pabrik, toko dll. Kebanyakan transaksi berlangsung secara langsung antara dua sistem. Keuntungan B2B, jika dikerjakan dengan benar, dapat menghemat biaya, meningkatkan pendapatan, mempercepat pengiriman, menguarngi biaya administrasi, dan meningkatkan layanan kepada pelanggan. Bussiness-to-Consumer (B2C) B2C melibatkan interaksi dan transaksi antara sebuah perusahaan penjual dan para konsumen. Perusahaan-perudahaan terkenal yang melayani B2C antara lain adalah Dell (www.dell.com), Cisco (www.cisco.com), dan Amazon(www.amazon.com). Consumer-to-Consumer (C2C) Consumer-to-Consumer (C2C) atau terkadang disebut person-to-person menyatakan model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen melalui internet. awalnya aplikasi Web dibangun hanya dengan menggunakan bahasa yang dan web statis. Web statis diperluas kemampuan HTML, yakni dengan menggunakan perangkatur aplikasi Web Pada aw

isebut HTML (Hypertext markup Language). Pada perkembangan berikutnya, sejumlah script danobjek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML. Pada saat ini, banyak script seperti itu, antara lain yaitu PHP dan ASP, sedangkan contoh yang berupa objek adalah applet. Aplikasi web dibagi menjadi 2, yaitu web dinamis dibentuk dengan menggunakan HTML saja. Kekurangan aplikasi seperti ini terletak pada keharusan untuk memelihara program secara terus-menerus untukmengikuti setiap perubahan yang terjadi. Kelemahan ini diatasi dengan model aplikasi web dinamis. Dengan mempat lunak tambahan, perubahan informasi dalam halaman-halaman web dapat ditangani melalui perubahan data, bukan melalui perubahan program. Sebagai implementasinya, aplikasi web dapat dikoneksikan ke database. Dengan demikian, perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator atau yang bertanggung jawab terhadap kemutakhiran data, dan tidak menjadi tanggung jawab pemrogram atau webmaster. Klien berinteraksi dengan Web Server, secara internal, webserver berkomunikasi dengan middleware dan middleware inilah yang berhubungan dengan basis data (database). Web server adalah server yang melayani permintaan klien terhadap halaman Web. Contohnya: Apache, IIS (Internet Information Server), dan Xitami. Middleware adalah perangkat lunak yang bekerjasama dengan webserver dan berfungsi menerjemahkan kode-kode tertentu, menjalankan kode-kode tersebut, dan memungkinkan berinteraksi dengan basis data. Contoh middleware: PHP, ASP, DllBrowser (web browser) adalah perangkat lunak di sisi klien yang digunakan untuk mengakses informasi Web. Contohnya: Internet Explorer, Netscape, Opera, Mozilla. Mekanisme ketika seorang pemakai meminta halaman web yang ditulisdengan menggunakan HTML.

  • Web Server
  • Kode
  • HTML

Prinsip kerja pengaksesan dokumen Web yang berbasis HTML adalah  sebagai berikut:

  1. Browser meminta sebuah halaman ke suatu situs Web melaui protokol HTTP.
  2. Permintaan diterima oleh Web Server.
  3. Web Server segera mengirimkan dokumen HTML yang diminta ke klien.
  4. Browser pada klien segera menampilkan dokumen yang diterima berdasarkan kode-kode pemformat yang terdapat pada dokumen HTML.

Kode HTML yang diterjemahkan oleh mesin PHP-lah yang akan diterima oleh pemakai (klien). Dengan menggunakan pendekatan web dinamis dimungkinkan untuk membentuk aplikasi berbasis Web (Web-based appllication). Sebagai contoh, sistem informasi akademis berbasis web memungkinkan seorang mahasiswa melihat informasi nilai dari matakuliah-matakuliah yang sudah diambilnya dari luar kampus (dimana saja).

Teknologi Web

Dari sisi teknologi yang digunakan untuk membentuk Web dinamis, terdapat dua macam pengelompokan, yaitu:

  • teknologi pada sisi klien (client-side technology)
  • teknologi pada sisi server (server-side technology)

Teknologi web pada sisi klien

Teknologi web pada sisi klien diimplementasikan dengan mengirimkan kode perluasan HTML atau program tersendiri dan HTML ke klien. Klienlah yang bertanggung jawab dalam melakukan proses terhadap seluruh kode yang diterima. Kelemahan pendekatan seperti ini adalah terdapat kemungkinan bahwa browser pada klien tidak mendukung fitur kode perluasan HTML. Sebagai contoh, kode VBScript yang dilekatkan pada kode HTML tidak akan berfungsi sekiranya browser yang digunakan klien tidak mendukungnya. Kelebihan teknologi pada sisi klien adalah memungkinkan penampilan yang bersifat dinamis, misalnya menampilkan jam yang terus-menerus berubah ataupun untuk membuat animasi gambar yang mengikuti gerakan mouse. Yang termasuk dalam teknologi pada sisi klien antara lain: Kontrol ActiveX, Java Applet Skrip sisi-klien

Kontrol ActiveX

Kontrol ActiveX adalah suatu komponen yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Visual C++, Visual Basic, atau Delphi. Jika komponen ini ditambahkan ke dokumen Web, maka fungsi yang didukungnya akan tersaji dalam halaman web. Misalnya, kontrol ActiveXdapat digunakan untuk menampilkan grafik 3 dimensi atau bahkan untuk mengimplementasikan permainan (game) yang interaktkif. Di dalam dokumen HTML, kontrol ActiveX dilekatkan melalui tag <OBJECT>. Dalam hal ini server akan mengirimkan kode program yang melibatkan Applet dan HTML itu sendiri. Sejauh ini, ActiveX hanya berjalan di lingkungan Windows, dan hanya browser tertentu (misalnya Internet Explorer) yang dapat memprosesnya.

Java Applet

Applet adalah program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java. Program ini dapat diletakkan ke halaman web, melalui tag HTML bernama <APPLET> dan dapat diproses oleh browser yang mendukung Java (misalnya Internet Explorer dan Netscape). Dalam hal ini, server akan mengirimkan kode Applet dan HTML. Berbeda dengan ActiveX, Applet bersifat cross-platform; artinya dapat berjalan pada berbagai platform, asalkan platform tersebut mendukung Java.

Skrip sisi Klien

Skrip sisi klien adalah kode-kode yang dilekatkan menjadi satu dengan kode HTML dan skrip ini diproses di klien. Dua skrip sisi klien yang terkenal adalah JavaScript dan VBScript. JavaScript merupakan skrip yang sangat populker dan dapat berjalan pada hampir semua browser masa kini. Adapun VBScript hanya berjalan di Internet Explorer. Saat ini skrip yang disebut CSS (Cascading Style Sheets) dan dikenal dengan sebutan Dynamic HTML (DHTML) mulai banyak digunakan. Skrip ini dapat digunakan untuk mempformat halaman Web dengan definisi yang ditulis terpisah dengan HTML.

Teknologi Web Sisi Server

Teknologi Web pada sisi server memungkinkan pemrosesan kode di dalam server sehingga kode yang sampai pada pemakai berbeda dengan kode asli pada server. Keuntungan penggunaan teknologi pada sisi server adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi lalu lintas jaringan dengan cara menghindari percakapan bolak balik antara klien dan server.
  2. Mengurangi waktu pemuatan kode, mengingat klien hanya mengambil kode HTML saja.
  3. Mencegah masalah ketidakkompatibelan browser.
  4. Klien dapat berinteraksi dengan data yang ada pada server.
  5. Mencegah klien mengetahui rahasia kode (mengingat kode yang diberikan ke klien berbeda dengan kode asli pada server).

Beberapa contoh teknologi yang berjalan di server, yaitu:

  • Common Gateway Interface (CGI).
  • Proprietary Web Server API.
  • Active Server Page (ASP).
  • Server-side Javascript.
  • Java Servlets dan JavaServer Page (JSP).
  • PHP.

Common Gateway Interface (CGI)

Pada awalnya, teknologi yang umum digunakan untuk menyajikan data yang bersifat dinamis di lingkungan Web yaitu CGI. Pada prinsipnya CGI ditulis dengan menggunakan bahasa apa saja. Namun, yang paling populer adalah Perl.

Kelemahan CGI terletak pada penciptaan proses sebanyak permintaan dari klien. Jika terjadi jumlah permintaan yang sangat banyak akan cenderung melumpuhkan server.

Proprietary Web Server API

Microsoft dan Netscape menciptakan API (apllication programming interface) yang ditujukan untuk membuat aplikasi Web dinamis. Pustaka dari Microsoft dinamakan ISAPI (Internet Server API) dan pustaka yang dibuat oleh Netscape disebut NSAPI (Netscape Server API). Kedua API ini dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan CGI, karena keduanya dirancang untuk menciptakan sebuah proses saja, sekalipun terdapat banyak permintaan

Active Server Page (ASP)

ASP merupakan teknologi di sisi server yang paling banyak dgunakan di lingkungan Windows. Saat ini ASP juga diusahakan untuk berjalan pada platform selain Windows. Teknologi lanjutan dari ASP adalah ASP.Net.

Server-Side JavaScript

Server-Side JavaScript (SSJS) merupakan buatan Netscape yang ditujukan untuk menyaingi ASP. Dalam prakteknaya, skrip ini kurang populer.

Java Servlets dan JavaServer Page (JSP)

Baik JavaServlets maupun JavaServer Page menggunakan bahasa Java. Oleh karena itu, para pemrogram yang telah biasa dengan Java dapat memanfaatkan fitur Java untuk membuat program yang canggih. Sayangnya, bahasa Java meskipun tidak sesulit C tetap dianggap rumit bagi pemula. Oleh karena itu, pemakai Java Servlets dan JSP masih kalah dengan ASP atau PHP.

PHP

PHP merupakan skrip yang berjalan di server dan sangat populer di lingkungan Linux. Saat ini, PHP dapat berjalan pada berbagai platform, dari Unix hingga Windows.

3 thoughts on “Sistem Informasi – Internet dan Aplikasi Web

  1. Ping balik: INTERNET BASED | Ku2hndud's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s