Panduan Kerja Praktek Program Studi Informatika Fakultas Teknik UPY


Berikut Ini Panduan Kerja Praktek

Download: Pedoman Kerja Praktek

Batasan Kerja Praktek

Kerja Praktek (KP) adalah salah satu mataku­liah wajib sebagai salah satu syarat mem­peroleh derajat sarjana strata satu (S1). KP dilaksanakan di sebuah institusi tertentu dan mendapatkan tugas (proyek) khusus se­suai dengan bidang keinformatikaan.

Waktu pelaksanaan KP tergantung pada jenis aktivitas yang ditawarkan oleh institusi tempat KP. Terdapat dua jenis aktivitas yang biasanya diberikan:

  1. Aktivitas yang berbatas waktu,     Jika aktivitas jenis ini yang diberikan, bi­asanya mahasiswa ‘bekerja’ purna waktu (masuk setiap hari kerja) di institusi terse-but dan terlibat dalam kegiatan keseharian institusi dengan diberikan tugas (proyek) tertentu yang biasanya dapat diselesaikan selama pelaksanaan KP. Waktu minimal aktivitas jenis ini adalah 1 (satu) bulan.
  2. Aktivitas yang berbatas proyek, jika aktivitas jenis ini yang diberikan, maka mahasiswa diberikan suatu tugas (proyek) tertentu dan harus diselesaikan tanpa kewajiban untuk masuk setiap hari kerja di institusi tersebut. Mahasiswa da­pat mengatur kunjungannya ke institusi secara periodik untuk keperluan­keperluan tertentu. Waktu aktivitas jenis ini maksimal 2 bulan.

Jika institusi tidak memberikan tugas tertentu, mahasiswa harus menawarkan jenis aktivitas yang akan dilakukan. Penentuan jenis tugas (proyek) sedapat mungkin saling menguntungkan antara mahasiswa dan institusi.

Tujuan Kerja Praktek

    Kerja Praktek (KP) dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan secara profesional untuk menyelesaikan masalah-masalah bidang informatika yang ada dalam dunia kerja, dengan bekal ilmu yang diperoleh selama masa kuliah.

    Sasaran Kerja Praktek

    Kerja Praktek diarahkan pada organisasi/instansi/perusahaan yang mendayagunakan komputer sebagai instrumen teknologi informasi, sehingga mahasiswa dapat mengamati prosedur kerja dan menganalisa permasalahan kemudian merancang sistem pemrograman, jaringan dan/atau aplikasi yang sesuai.

    Lingkup Kerja Praktek

    Lingkup Kerja Praktek dapat berupa :

    1. Analisa dan perancangan perangkat lunak atau jaringan pada suatu institusi
    2. Pemrograman perangkat lunak
    3. 3. Network administration

    Dalam penentuan lingkup, skala dan kedalaman materi Kerja Praktek, perlu diperhatikan faktor kontribusi pada bidang ilmu dan ketepatan waktu.

    Pada suatu sistem institusi yang sudah mapan mahasiswa kerja praktek minimal harus berprofesi sebagai software programmer atau network administrator/designe/analyst system.


    Syarat Mengambil Kerja Praktek

    Adapun syarat mengambill kerja praktek sebagai berikut:

    1. IPK >= 2,00 dan telah menyelesaikan minimal 100 SKS.
    2. Mengambil mata kuliah Kerja Praktek, sebagaimana tercantum dalam KRS/KPRS.
    3. Dosen Pembimbing Kerja Praktek

    Dosen Pembimbing KP adalah dosen yang ditunjuk oleh program studi untuk melakukan pendampingan pelaksanaan. Setiap masalah yang ber­kaitan dengan persiapan dan pelaksanaan KP dik­onsultasikan dengan pembimbing.

    Prosedur Pelaksanaan Kerja Praktek

      Adapun prosedur pelaksanaan Kerja Praktek sebagai berikut.

      1. Pendaftaran KP, dan mengajukan surat pengantar dari program studi  ke institusi yang dituju.
      2. Kerja Praktek dilaksanakan  minimal dalam 1 bulan berturut-turut dan maksimal 2 bulan, dengan selalu berkonsultasi pada dosen pembimbing.
      3. Setelah mahasiswa selesai menjalankan KP, selanjutnya pengesahan laporan harus disetujui oleh pembimbing lapangan/instansi dan dosen pembimbing laporan penulisan kerja praktek.
      4. Melakukan Presentasi di depan Dosen Pembimbing.
      5. Dosen pembimbing laporan melakukan penilaian dengan memperhatikan penilaian dari perusahaan.
      6. Pelakasanaan keseluruhan KP maksimal satu semester. Jika lewat dari waktu tersebut maka mahasiswa diwajibkan untuk menginput kembali mata kuliah Kerja Praktek.

      Penilaian

      1. Penilaian KP dilakukan oleh pembimbing lapangan 40%, terdiri dari unsur : inovasi, kerjasama, kedisiplinan.
      2. Penilaian laporan Kerja Praktek oleh Dosen pembimbing laporan 60%, terdiri dari unsur : materi, penguasaan materi, bahasa dan tata penulisan.
      3. Semua hal yang berkaitan dengan penilaian Kerja Praktek dan laporan Kerja Praktek harus dicantumkan dalam lembar penilaian.
      4. Formulir yang berkaitan dengan kerja praktek.
      5. Form KP – 01   :    Formulir pendaftaran KP diketahui oleh koordinator KP.
      6. Form KP – 02   :    Surat pengantar yang ditanda tangani Ketua Program Studi Teknik Informatika. (dibuat oleh program studi)
      7. Form KP – 03   :    Lembar penilaian Kerja praktek diisi oleh pembimbing lapangan.
      8. Form KP – 04   :    Lembar penilaian laporan Kerja praktek diisi oleh Dosen pembimbing laporan KP.
      9. Form KP – 05   :    Rekap nilai.
      10. Form KP – 06   :    Surat Pernyataan

      Hasil Kerja Praktek

      Laporan Kerja Praktek dan Perangkat Lunak yang dibangun dalam print out dan CD.

      Iklan

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s