Wisata Alam – Pantai Tanjung Bira, Pasir Terputih Langit Terbiru


Pantai bira bagiku adalah pantai paling terindah di dunia, pantai dengan pasir terputih dan langit terbiru. Pantai ini, aku kunjungi lagi saat mudik lebaran tahun 2010 dengan anak istri di Bulukumba. Kami berangkat kesana beramai-ramai (Aku, Wati,Thia, Fatih, Kak Zam,  Kak Rivai, Fira, Afif, dan Acong).

Sesampainya dilokasi kami lebih memilih menyewa balai-balai yang banyak berderet disepanjang pantai. Selain harganya murah juga balai-balai ini sangat dekat dengan paintai. Sambil bernaung dari teriknya matahari, kami tetap bisa mengawasi anak-anak bermain pasir atau berenang.

Pasir putihnya lembut sekali  seperti tepung terigu.  Airnya sangat jernih, biota laut terlihat jelas berseliwerang dan berenangan kesana-kemari. Ombaknya tenang hampir seperti danau, deburannya tidak menghempas-hempas dan  seolah-olah hanya berbisik.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Dipantai ini juga,  kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan cahayanya yang berkilau membersit pada hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer. Didepan pantai, kita disugukan dengan panorama dua pulau kecil, yaitu Pulau Liukang dan Pulau Kambing.

Kekagumannku pada pantai ini tak habis-habis, kupandangi langit biru membentang luas. Kanvas alami ini begitu cerah diantara guratan-guratan awan tipis yang menjadi ornamen indah. Diantara pasir putih yang berkilau, kuhirup aroma laut sambil memejamkan mata, anginnya terasa lembut, bisikan lautnya seperti nyanyian syahdu, aku serasa melayang dan ekstase. Hmmmm….Salah satu sorga kecil di dunia.

Transportasi & Akomodasi Pantai Tanjung Bira

Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Tanjung Bira terletak sekitar 40 km dari Kota Bulu Kumba, atau 200 km dari Kota Makassar. Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau Innova dengan tarif sebesar Rp. 35.000,-. Selanjutnya, dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pete-pete (mikrolet) dengan tarif berkisar antara Rp. 8.000,- sampai – Rp. 10.000,-. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 3 – 3,5 jam.

Jika pengunjung berangkat dari Bandara Hasanuddin, langsung menuju ke terminal Malengkeri (Kota Makassar) dengan menggunakan taksi yang tarifnya sekitar Rp. 40.000,-. Di terminal ini kemudian naik bus tujuan Bulukumba atau yang langsung ke Tanjung Bira.
Di kawasan wisata Tanjung Bira, angkutan umum beroperasi hanya sampai sore hari. Jika pengunjung harus kembali ke Kota Makassar pada sore itu juga, di sana tersedia mobil carteran (sewaan) dengan tarif Rp. 500.000,-.

Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bira sebesar Rp. 5.000,-.

Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 600.000,- per hari. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling dengan tarif Rp. 30.000,-. Bagi pengunjung yang selesai berenang di pantai, disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membersihkan pasir dan air laut yang masih lengket di badan. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor dengan tarif Rp. 65.000,-. Di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan kapal ferry yang siap mengantarkan pengunjung yang ingin berwisata selam ke Pulau Selayar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s