10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2010


Sebagai isyarat ekonomi global mungkin menunjukkan tanda-tanda membaik, rata-rata kekayaan miliuner dunia sekarang US$3,5 miliar naik sekitar US$500 juta dibandingkan tahun lalu. Pendiri Microsoft Bill Gates tidak lagi menjadi orang terkaya dunia. Lebih dari itu 97 nama memulai debutnya sedangkan 164 lainnya kembali ke daftar tahun 2010, termasuk pendiri Facebook Zuckerberg dengan kekayaan US$4 miliarsekaligus meraih gelar miliuner termuda. Laporan terbaru ini berbeda dari tahun 2009 ketika terjadi krisis finansial yang menyebabkan 332 nama tersingkir dari daftar orang terkaya di dunia. Selain itu rata-rata 23% kekayaan miliuner berkurang. Jatuhnya bursa saham dan ambruknya harga-harga komoditi disebutkan sebagai penyebab berkurangnya kekayaan miliuner.  Orang-orang terkaya Rusia juga telah pulih lagi dari penurunan harga-harga komoditi tahun lalu.  Dalam daftar orang terkaya 2010 versi Forbes kini terdapat 62 orang sedangkan tahun lalu 27 orang.

Berikut ini 10 Orang Terkaya di dunia Tahun 2010 Versi Forbes:

1. Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helú Aglamaz (lahir 28 Januari 1940; umur 70 tahun) adalah seorang usahawan di bidang industri komunikasi, perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil. Pada tanggal 3 Juli 2007, sebuah laporan dari jurnalis finansial asal Meksiko Eduardo Garcia menunjukan bahwa kekayaan Slim (US$67.8 milyar) telah melebihi kekayaan pendiri Microsoft Bill Gates (US$59.2 milyar), menjadikannya sebagai orang terkaya di dunia.

Ayahnya adalah Julian Slim Haddad Aglamaz, seorang Kristen Maronite Lebanon yang pada masa mudanya kabur ke Meksiko pada tahun 1902 untuk menghindari pemerintahan militer keras dari Kekaisaran Ottoman. Ayahnya dan dua kakaknya tiba di pelabuhan Meksiko Tampico, lalu ke Kota Mexico, di mana pada tahun 1911, Julian mendirikan toko bahan kering disebut La Estrella del Oriente dan bertaruh dan membeli beberapa real estate utama di pusat kota — dan keluar sebagai sebuah langkah yang tepat.

“Itu adalah keberanian”, kata Slim Helu, “Dia mengajarkan saya tak peduli seberapa jelek krisis yang terjadi, Meksiko tidak akan menghilang, dan bila saya memiliki kepercayaan pada negara ini, investasi yang cermat akhirnya akan membayar

2. William Gates III (Bill Gates)

bill-gates

Bill Gates

William Henry Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 55 tahun), lebih dikenal sebagai Bill Gates, adalah pendiri (bersama Paul Allen) dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Ia juga merupakan seorang filantropis melalui kegiatannya di Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun (1995 hingga 2007), namun sejak 5 Maret 2008 berada di posisi ketiga setelah pebisnis AS Warren Buffett dan pebisnis Meksiko Carlos Slim Helú.

Menurut senarai Forbes orang-orang paling kaya dalam dunia [1]:

  • 1996 – $18,5 milyar, peringkat #1
  • 1997 – $36,4 milyar, peringkat #2
  • 1998 – $51,0 milyar, peringkat #1
  • 1999 – $90,0 milyar, peringkat #1
  • 2000 – $60,0 milyar, peringkat #1
  • 2001 – $58,7 milyar, peringkat #1
  • 2002 – $52,8 milyar, peringkat #1
  • 2003 – $40,7 milyar, peringkat #1
  • 2004 – $46,6 milyar, peringkat #1
  • * 2010 – $53,0 milyar, peringkat #2

3. Warren Buffett

Warren Buffett

Warren Buffett

Warren Edward Buffett (lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930; umur 80 tahun) adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat.  Ia memiliki julukan Oracle of Omaha; Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway, di mana dia memegang 38% saham. Dengan perkiraan pendapatan bersih AS$44 milyar pada 2005, dia menduduki urutan kedua sebagai orang terkaya kedua dunia menurut Forbes, di belakang Bill Gates.

4. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani

    Mukesh Ambani (lahir di Yaman, 19 April 1957; umur 53 tahun) adalah seorang pengusaha dan milyader asal India. Ia menjabat sebagai pemimpin, direktur pengelola, dan pemilik saham terbesar (sebanyak 48%) di Reliance Industries, perusahaan swasta terbesar di India yang termasuk dalam perusahaan Fortune 500.  Forbes memperkirakan Ambani memiliki harta kekayaan sebesar US43 milyar, membuatnya menempati posisi sebagai orang India terkaya.  Mukesh dan adiknya Anil adalah anak dari pendiri perusahaan Reliance Industries, Dhirubhai Ambani.

    5. Lakshmi Mittal

      Lakshmi Mittal

      Lakshmi Mittal

      Lakshmi Narayan Mittal (juga dikenal dengan Lakshmi Niwas Mittal; lahir 15 Juni 1950; umur 60 tahun) adalah seorang milyarder industrialis India yang tinggal di London. Dia adalah pemimpin dari Mittal Steel Company NV, yang merupakan produsen baja terbesar di dunia. Pada 2005, majalah Forbes menulisnya sebagai orang terkaya ketiga di dunia .

      Kecewa dengan birokrasi yang sulit dalam membangun usaha di India, ia tiba di Indonesia pada tahun 1976 dan mendirikan perusahaan baja bernama PT. Ispat Indo di Waru, Jawa Timur. Ia kemudian menjadi sukses dengan membeli pabrik-pabrik baja yang merugi dan mengubahnya menjadi pabrik-pabrik yang berhasil.

      Ia diperkirakan mempunyai kekayaan sejumlah AS$25 milyar (Maret 2005). Dia merupakan orang terkaya di Britania menurut Sunday Times Rich List 2005. Dia memegang aset baja di Afrika Selatan, Polandia, Indonesia, dan Kazakhstan.

      Pada 2002 ia terlibat skandal politik disebut Garbagegate dengan Perdana Menteri Britania Raya Tony Blair ketika dirasakan sumbangan Mittal kepada Partai Buruh (sebesar £ 2 juta atau sekitar Rp. 35 milyar) telah mengakibatkan Blair membuat keputusan yang menguntungkan bagi Mittai dalam sebuah transaksi bisnis. Dia merupakan orang terkaya di dunia yang bukan merupakan warga Amerika Serikat.

      6. Lawrence Ellison

      Lawrence Ellison

      Lawrence Ellison

      Lawrence Joseph Ellison (lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 17 Agustus 1944; umur 66 tahun) adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Ellison memiliki bakat dalam matematika, dan pada masa mudanya bekerja untuk Perusahaan Ampex. Salah satu proyeknya adalah gudang data untuk CIA yang ia beri nama “Oracle”.

      Kekayaan pendiri Oracle terus melambung; saham naik 70% dalam 12 bulan terakhir. Perusahaan Database raksasa ini  telah membeli 57 perusahaan dalam lima tahun terakhir. Menyelesaikan pembelian $ 7.4 Milyar  dari Sun Microsystems pada bulan Januari;  dan dari BEA Systems sebesar $ 8.5 milyar pada tahun 2008

      7. Bernard Arnault

      Bernard Arnault

      Bernard Arnault

      Bernard Arnault (lahir 5 Maret 1949) adalah seorang pengusaha Perancis. Dia adalah pendiri, ketua, dan CEO dari LVMH , konglomerat barang mewah besar terdiri atas lebih dari lima puluh merek mewah, termasuk Louis Vuitton , Dior , dan Fendi . Menurut Majalah Forbes , Arnault adalah orang terkaya di dunia 7, dengan kekayaan bersih 2010 sebesar US $ 27,5 miliar. Ia masuk ke 10 besar sesudah hartanya bertambah dari US$11 miliar menjadi $27,5 miliar. Naiknya kekayaannya membuat pemilik Ikea Ingvar Kamprad dan Theo Albrecht, orang yang berada di belakang jaringan toko serba ada Aldi, terjungkal dari 10 besar.

      8. Eike Batista

        Eike Batista

        Eike Batista

        Berjanji akan menjadi orang terkaya di dunia – dan dia mungkin sedang dalam perjalanan. Tahun ini ditambahkan pemenang terbesar $ 19.5 miliar untuk neraca pribadinya. Anak yang dihormati di Brazil mantan menteri pertambangan yang memimpin raksasa pertambangan Companhia Vale do Rio Doce mendapatkan emas mulai perdagangan dan pertambangan.

        9. Amancio Ortega

        Amancio Ortega

        Amancio Ortega

          Perusahaan fashionnya beroperasi di bawah beberapa merek seperti: Zara, Massimo Dutti dan Stradivarius, memiliki 4.500 toko di 73 negara termasuk tempat-tempat baru di Meksiko dan Suriah. Mendirikan usaha patungan dengan anak perusahaan Grup Tata dan masuk India pada tahun 2010. mengembamngkan real estate di florida: dan membeli Coral Gables sebagai perkantoran

          10. Karl Albrecht

          Karl Albrecht

          Karl Albrecht

          Karl Hans Albrecht (lahir 1920) adalah seorang pengusaha Jerman yang mendirikian supermarket berantai Aldi bersama saudaranya Theo Albrecht. Dia masih memiliki dan mengontrol setengah dari perusahaan dan merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan $23 milyar pada 2004. Dia melayani kaum Nazi selama Perang Dunia II. Supermarket raksasa Aldi Sud, mendominasi perdagangan di Jerman (dan Eropa), Memiliki 1.000 toko di 29 negara bagian di AS. Perkiraan penjualan: $ 37 miliar. Berencana untuk membuka toko New York City tahun ini.

          Iklan

          3 thoughts on “10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2010

          Tinggalkan Balasan

          Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

          Logo WordPress.com

          You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

          Gambar Twitter

          You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

          Foto Facebook

          You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

          Foto Google+

          You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

          Connecting to %s