Interaksi Manusia dan Komputer – Konsistensi Dalam Desain Website


Konsistensi Dalam Desain Website

Konsistensi adalah salah satu kunci utama dari sebuah website yang dirancang oleh seorang desainer web profesional dan bukan seseorang yang sedang belajar perdagangan atau pemasaran. Dengan memastikan desain website Anda konsisten pada seluruh halaman dalam berbagai macam bentuk dengan terpadu dan menarik yang secara bersamaan berjalan pada website, akan meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan tingkat web traffic ( trafik website ). Konsistensi tidak hanya menggunakan skema warna yang sama di seluruh situs web, atau satu set font yang sama. Hal ini juga termasuk untuk memastikan perilaku konsisten pada website.

Konsistensi Estetika

Memastikan semua template pada halaman yang berbeda dalam sebuah situs web dengan memiliki tampilan yang koheren dan terasa menjadikan keseluruhan situs terlihat lebih profesional. Pengunjung Anda tidak akan mempertanyakan mengapa tiba-tiba  banyak hal yang telah berubah bahkan jika mereka masih berada di situs yang sama. Sisa halaman dari versi situs sebelumnya yang terlihat usang dan tidak pada tempatnya, dapat menyebabkan pengunjung untuk percaya bahwa informasi yang ada tidak benar atau ketinggalan zaman.

Cara terbaik untuk memastikan konsistensi estetika pada desain web Anda adalah menjaga tetap sederhana. Membuat skema warna dengan tidak lebih dari 5 warna berbeda (dan itu penekanannya) dan dua keluarga font sudah cukup untuk situs web lainnya. Anda kemudian dapat bermain dengan intensitas dan ukuran untuk membuat variasi sebanyak yang Anda inginkan, namun perlu diingat bahwa sekali pengunjung Anda melihat penggunaan pada sesuatu (misalnya, H1 tag menjadi warna dan ukuran tertentu) mereka akan melihat sesuatu yang berbeda yang akan membingungkan, atau bahkan lebih buruk, sebagai sebuah kesalahan yang terlihat tidak profesional.

Konsistensi Perilaku

Bagi banyak orang, setiap situs baru yang mereka kunjungi melibatkan kurva pembelajaran. Setelah pengguna Anda telah belajar bagaimana sesuatu yang bekerja pada situs Anda, mereka dapat menggunakannya lebih cepat dan pengalaman dalam penggunaan pada mereka akan meningkat. Namun, jika aturan website Anda terus berubah sewenang-wenang atau kurangnya konsistensi dengan membuatnya terlihat seperti tidak masuk logika, mereka mungkin memutuskan bahwa itu terlalu berlebihan, dan tidak berguna. Orang-orang yang menggunakan Internet menginginkan keakraban dan ketertiban, dan situs web tersebut dianggap gagal untuk memiliki logika internal yang tidak menarik.

Untuk meningkatkan konsistensi situs web Anda dalam hal perilaku, mulailah mencoba untuk memastikan bahwa unsur-unsur utama yang sama dari desain web selalu mewakili secara bersamaan, dan tetapkan tombol dan menu yang mirip baik dari segi urutan, warna dan ukuran. Dengan cara ini pengguna akan dapat mengidentifikasikan bahwa mereka mirip, dan tidak perlu mempermasalahkannya. Semakin sedikit mereka berpikir tentang bagaimana untuk mengakses informasi di situs Anda, semakin banyak waktu mereka untuk bisa menghabiskan dan menikmatinya atau bahkan membeli produk atau jasa Anda.

One thought on “Interaksi Manusia dan Komputer – Konsistensi Dalam Desain Website

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s