Internet dan Aplikasi Web


Pengertian Internet

Interconnected Network – atau yang lebih populer dengan sebutan Internet – adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-

jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung – secara langsung maupun tidak langsung – ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230 . Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

Diagram Internet

Diagram Internet

Istilah-istikah Internet

  • Modem, Modem adalah singkatan dari modulation demodulation, yaitu semua alat untuk mentransfer data dari komputer yang satu ke komputer yang lain. Untuk transfer data dibutuhkan sebuah saluran yaitu telepon.
  • ISP (Internet Service Provider), adalah sebuah perusahaan atau organisasi yang menyediakan jasa internet.
  • Browser (Web Browser), Web browser adalah suatu program atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet. Contoh Internet Explorer
  • Home Page, Home Adalah halaman yang ditampilkan setiap kali anda membuka internet.
    Web

Pada umumnya Web mempunyai format berikut : http://www.domainname.com
Contoh-contoh WEB :

  • http ://www.msn.com Microsoft Network

Domain

Akhiran yang digunakan pada sebuah alamat internet/domain sangat beragam. Beberapa kode akhiran yang sering dipakai anatara lain :

  •  .com : menerangkan situs komersial global
  • .net : menerangkan situs layanan internet global
  • .edu : menerangkan situs pendidikan
  • .gov : menerangkan situs pemerintahan
  • .mil : militer
  • .org : menerangkan situs organisasi
  • .tv : menerangkan situs penyiaran
  • .co.id : menerangkan situs komersial dari Indonesia
  • .ac.id : menerangkan situs pendidikan dari Indonesia
  • .or.id : menerangkan situs organisasi dari Indonesia
    .co.uk : menerangkan situs komersial dari Inggris

Hosting

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS
Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.
Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.

  • Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain
  • VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
  • Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  • Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Koneksi Internet

Peralatan untuk Koneksi Internet

  • Komputer dengan prosessor minimal pentium 100 MHz
  • Ram 16 Mb
  • Hardisk 1.2 Gb
  • Sistem operasi Windows 95, 97, 98 atau SO yang lainnya
  • Modem
  • Memiliki Telepo
  • Menginstall program web browser internet ke dalam komputer
  • Mendaftarkan diri (berlangganan) ke ISP misalnya Telkomnet, Indonet, atau yang lainnya

Firewall

Firewall adalah sistem atau sekelompok sistem yang menetapkan kebijakan kendali akses antara dua jaringan. Secara prinsip, firewall dapat dianggap sebagai sepasang mekanisme yang memblok lalulintas, mengijinkan lalulintas jaringan. Firewall dapat digunakan untuk melindungi jaringan anda dari serangan jaringan oleh pihak luar,namun firewall tidak dapat melindungi dari serangan yang tidak melalui firewall dan serangan dari seseorang yang berada di dalam jaringan anda, serta firewall tidak dapat melindungi andadari program-program aplikasi yang ditulis dengan buruk.

IPTables memiliki tiga macam daftar aturan bawaan dalam tabel penyaringan, daftar tersebut dinamakan rantai firewall (firewall chain) atau sering disebut chain saja. Ketiga chain tersebut adalah INPUT, OUTPUT dan FORWARD.

Pada diagram tersebut, lingkaran menggambarkan ketiga rantai atau chain. Pada saat sebuah paket sampai pada sebuah lingkaran, maka disitulah terjadi proses penyaringan. Rantai akan memutuskan nasib paket tersebut. Apabila keputusannnya adalah DROP, maka paket tersebut akan di-drop. Tetapi jika rantai memutuskan untuk ACCEPT, maka paket akan dilewatkan melalui diagram tersebut.

Sebuah rantai adalah aturan-aturan yang telah ditentukan. Setiap aturan menyatakan “jika paket memiliki informasi awal (header) seperti ini, maka inilah yang harus dilakukan terhadap paket”. Jika aturan tersebut tidak sesuai dengan paket, maka aturan berikutnya akan memproses paket tersebut. Apabila sampai aturan terakhir yang ada, paket tersebut belum memenuhi salah satu aturan, maka kernel akan melihat kebijakan bawaan (default) untuk memutuskan apa yang harus dilakukan kepada paket tersebut. Ada dua kebijakan bawaan yaitu default DROP dan default ACCEPT.

Skema Firewall

Skema Firewall

 Extranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Diagram Extranet

Diagram Extranet

E-bussines

e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.

Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.

e-bussines

e-bussines

Teknologi Aplikasi Web

Dari sisi teknologi yang digunakan untuk membentuk Web dinamis, terdapat dua macam pengelompokan, yaitu:

  • teknologi pada sisi klien (client-side technology)
  • teknologi pada sisi server (server-side technology)
  • Teknologi web pada sisi klien

Teknologi web pada sisi klien diimplementasikan dengan mengirimkan kode perluasan HTML atau program tersendiri dan HTML ke klien. Klienlah yang bertanggung jawab dalam melakukan proses terhadap seluruh kode yang diterima. Kelemahan pendekatan seperti ini adalah terdapat kemungkinan bahwa browser pada klien tidak mendukung fitur kode perluasan HTML. Sebagai contoh, kode VBScript yang dilekatkan pada kode HTML tidak akan berfungsi sekiranya browser yang digunakan klien tidak mendukungnya. Kelebihan teknologi pada sisi klien adalah memungkinkan penampilan yang bersifat dinamis, misalnya menampilkan jam yang terus-menerus berubah ataupun untuk membuat animasi gambar yang mengikuti gerakan mouse. Yang termasuk dalam teknologi pada sisi klien antara lain: Kontrol ActiveX, Java Applet Skrip sisi-klien

Kontrol ActiveX

Kontrol ActiveX adalah suatu komponen yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Visual C++, Visual Basic, atau Delphi. Jika komponen ini ditambahkan ke dokumen Web, maka fungsi yang didukungnya akan tersaji dalam halaman web. Misalnya, kontrol ActiveXdapat digunakan untuk menampilkan grafik 3 dimensi atau bahkan untuk mengimplementasikan permainan (game) yang interaktkif. Di dalam dokumen HTML, kontrol ActiveX dilekatkan melalui tag <OBJECT>. Dalam hal ini server akan mengirimkan kode program yang melibatkan Applet dan HTML itu sendiri. Sejauh ini, ActiveX hanya berjalan di lingkungan Windows, dan hanya browser tertentu (misalnya Internet Explorer) yang dapat memprosesnya.
Java Applet

Applet adalah program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java. Program ini dapat diletakkan ke halaman web, melalui tag HTML bernama <APPLET> dan dapat diproses oleh browser yang mendukung Java (misalnya Internet Explorer dan Netscape). Dalam hal ini, server akan mengirimkan kode Applet dan HTML. Berbeda dengan ActiveX, Applet bersifat cross-platform; artinya dapat berjalan pada berbagai platform, asalkan platform tersebut mendukung Java.
Skrip sisi Klien

Skrip sisi klien adalah kode-kode yang dilekatkan menjadi satu dengan kode HTML dan skrip ini diproses di klien. Dua skrip sisi klien yang terkenal adalah JavaScript dan VBScript. JavaScript merupakan skrip yang sangat populker dan dapat berjalan pada hampir semua browser masa kini. Adapun VBScript hanya berjalan di Internet Explorer. Saat ini skrip yang disebut CSS (Cascading Style Sheets) dan dikenal dengan sebutan Dynamic HTML (DHTML) mulai banyak digunakan. Skrip ini dapat digunakan untuk mempformat halaman Web dengan definisi yang ditulis terpisah dengan HTML.
Teknologi Web Sisi Server

Teknologi Web pada sisi server memungkinkan pemrosesan kode di dalam server sehingga kode yang sampai pada pemakai berbeda dengan kode asli pada server. Keuntungan penggunaan teknologi pada sisi server adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi lalu lintas jaringan dengan cara menghindari percakapan bolak balik antara klien dan server.
  • Mengurangi waktu pemuatan kode, mengingat klien hanya mengambil kode HTML saja.
  • Mencegah masalah ketidakkompatibelan browser.
  • Klien dapat berinteraksi dengan data yang ada pada server.
  • Mencegah klien mengetahui rahasia kode (mengingat kode yang diberikan ke klien berbeda dengan kode asli pada server).

Beberapa contoh teknologi yang berjalan di server, yaitu:

  • Common Gateway Interface (CGI).
  • Proprietary Web Server API.
  • Active Server Page (ASP).
  • Server-side Javascript.
  • Java Servlets dan JavaServer Page (JSP).
  • PHP.

Common Gateway Interface (CGI)

Pada awalnya, teknologi yang umum digunakan untuk menyajikan data yang bersifat dinamis di lingkungan Web yaitu CGI. Pada prinsipnya CGI ditulis dengan menggunakan bahasa apa saja. Namun, yang paling populer adalah Perl.

Kelemahan CGI terletak pada penciptaan proses sebanyak permintaan dari klien. Jika terjadi jumlah permintaan yang sangat banyak akan cenderung melumpuhkan server.

Proprietary Web Server API

Microsoft dan Netscape menciptakan API (apllication programming interface) yang ditujukan untuk membuat aplikasi Web dinamis. Pustaka dari Microsoft dinamakan ISAPI (Internet Server API) dan pustaka yang dibuat oleh Netscape disebut NSAPI (Netscape Server API). Kedua API ini dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan CGI, karena keduanya dirancang untuk menciptakan sebuah proses saja, sekalipun terdapat banyak permintaan

Active Server Page (ASP)

ASP merupakan teknologi di sisi server yang paling banyak dgunakan di lingkungan Windows. Saat ini ASP juga diusahakan untuk berjalan pada platform selain Windows. Teknologi lanjutan dari ASP adalah ASP.Net.

Server-Side JavaScript

Server-Side JavaScript (SSJS) merupakan buatan Netscape yang ditujukan untuk menyaingi ASP. Dalam prakteknaya, skrip ini kurang populer.

Java Servlets dan JavaServer Page (JSP)

Baik JavaServlets maupun JavaServer Page menggunakan bahasa Java. Oleh karena itu, para pemrogram yang telah biasa dengan Java dapat memanfaatkan fitur Java untuk membuat program yang canggih. Sayangnya, bahasa Java meskipun tidak sesulit C tetap dianggap rumit bagi pemula. Oleh karena itu, pemakai Java Servlets dan JSP masih kalah dengan ASP atau PHP.

PHP

PHP merupakan skrip yang berjalan di server dan sangat populer di lingkungan Linux. Saat ini, PHP dapat berjalan pada berbagai platform, dari Unix hingga Windows.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s