Toyota Yariz


Toyota Yariz

Toyota Yariz

Toyota Yaris  adalah mobil hatchback berukuran kecil yang dibuat  oleh Toyota Motor Corporation. Yaris dibuat pertama kali pada tahun 1999 di Eropa dengan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan serta konsumsi bahan bakar yang optimal, untuk memasuki pangsa pasar Eropa. Satu tahun setelah awal peluncurannya, tepatnya pada tahun 2000 Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award. Bukan hanya itu saja Yaris juga diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box di Jepang dan Amerika Utara. Untuk pasar Asia, Yaris dirakit di Thailand, sedangkan untuk pasar Eropa, Yaris dibuat di Perancis.

Toyota Yariz Generasi Pertama (1999-2005)

Toyota Yaris menggantikan Toyota Starlet sebagai hatchback kecil dari Toyota. Mobil konsepnya yang bernama Funtime pertama kali dipamerkan pada pameran mobil di Frankfurt, Jerman pada akhir tahun 1997. Nama Yariz secara resmi hanya digunakan di Jepang. Di Eropa mobil ini dikenal sebagai Yaris, dan di Australia, Selandia Baru, Canada, dan beberapa negara Asia diberi nama Echo Hatchback.

Mesin yang digunakan adalah 1SZ-FE 1000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1300 cc, atau 1NZ-FE 1500 cc bensin. Mesin diesel 1ND-TV 1400 cc hanya tersedia di Eropa.

Di Jepang, Toyota Yariz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia, dan RS. Clavia adalah model bergaya klasik, sedangkan RS adalah model sporty. Vitz RS hadir dengan grille jaring, body kit, dan interior sporty. Mobil yang sejenis dengan Yariz RS disebut Yaris T-Sport di Eropa, Echo RS di Canada, atau Echo Sportivo di Australia.

Toyota Yariz generasi kedua hadir di Jepang pada tahun 2005, dan dipasarkan di seluruh dunia pada tahun 2006 dengan nama Yaris. Model sport, Yaris RS dengan mesin 2ZR-FE 1.8 liter diluncurkan pada tahun 2007. Vitz atau Yaris dirakit di Jepang, Perancis, dan Thailand.

Amerika Serikat

Line up Yaris untuk Amerika Serikat terdiri dari Yaris Liftback 3 pintu, Yaris Hatchback 5 pintu, dan Yaris Sedan yang sama dengan Vios. Semuanya menggunakan mesin 1.5 liter 1NZ-FE.

Indonesia

Toyota Yaris 1.5 E (NCP91)

Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia mulai tahun 2006 dengan model E dengan transmisi manual dan automatic, serta S and S Limited yang hanya tersedia dengan transmisi automatic. Versi S memiliki body kit and lampu kabut, dan Push button start / stop hanya untuk model S Limited. Semua model menggunakan mesin 1500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang sama digunakan oleh Toyota Vios.

Versi facelift dengan bumper depan, grille, dan lampu belakang baru hadir untuk model tahun 2009. Sebagai tambahan, model dasar yaitu J yang tidak memiliki SRS airbag dipasarkan dengan harga dibawah model E. Model S dengan transmisi manual menggantikan versi lama yang automatic, sedangkan model paling mahal tetap S Limited.

Singapura

Hanya satu model yang dipasarkan yaitu Yaris 1.5 E dengan transmisi automatic.

Toyota Yariz Generasi Ketiga (2010-Sekarang)

Toyota Yariz Generasi Ketiga

Toyota Yariz Generasi Ketiga

Toyota Yariz  generasi ketiga diperkenalkan di Jepang pada akhir bulan Desember 2010, dan direncanakan masuk pasar export pada tahun 2011. Mesin yang digunakan Vitz di Jepang adalah 1.0, 1.3, dan 1.5 liter bensin. Mesin common rail diesel 1.4 liter tersedia untuk Yaris di Eropa. Trim level untuk Vitz adalah F, U, Jewela, dan RS yang sporty.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s