Fotografi: Elemen Pola


Pengertian Pola

Pola merupakan pengulangan dari elemen bentuk, wujud dan tekstur yang merupakan elemen visual yang dapat menarik perhatian. Dalam kehidupan sehari-hari suatu pengulangan kadang menimbulkan sedikit kebosanan namun apabila diterapkan dalam fotografi pengulangan tersebut menjadi sesuatu yang menarik dan indah untuk dilihat. Rahasia dari penggunaan pola dalam gambar adalah menemukan variasi yang mampu menarik perhatian pemerhati tapi perlu diingat bahwa terlalu banyak keseragaman pola akan mengakibatkan gambar menjadi membosankan.

pola16

Pola teratur

Ini sangat mudah ditemui terutama di perkotaan. Memanfaatkan jendela-jendela yang tersusun rapi, ataupun struktur kaca yang bisa memberikan gambaran teratur untuk ditangkap dalam sebuah foto. Intinya dalam pola ini adalah suatu gambar yang mempunyai pengulangan yang sama. Susunan adonan kue yang teratur diloyanpun dapat dijadikan foto dengan pola teratur.

Garis Diagonal

Pola Teratur

Pola Teratur

Pola Teratur

Pola Aktifitas Manusia

Pola dapat juga dihadirkan dalam bentuk aktifitas manusia, misalnya baris berbaris, pakain yang seragam, mimik yang seragam. Aktifitas yang seragam tentu saja meiliki daya tarik tersendiri.

Pola Manusia

Pola Manusia

Pola Ekspresi

Pola Ekspresi

Pola tak teratur

Inilah salah satu pola yang bisa menjadikan foto terlihat menarik. Meskipun polanya tidak terlihat beraturan, namun subjek yang membetuk pola tersebut malah menguatkan foto yang dihasilkan.

pola5

Pola tidak teratur

Pola Tak Teratur

Pola Tak Teratur

Gabungan pola

Nah, disini tak hanya sekedar pola teratur dan pola tak teratur. Fotografer memadukan dua pola tersebut dalam sebuah foto sehingga menghasilkan komposisi yang menarik.

Gabungan Pola

Gabungan Pola

Gabungan Pola

Gabungan Pola

Melanggar aturan pola

Tak selamanya pola yang kita buat harus berupa pengulangan yang tersusun rapi. Pada suatu ketika, dengan melanggar aturan pola kita bisa menghasilkan foto yang menarik. Salah satu contoh mudah adalah foto adonan diloyan sebelumnya salah satunya ditata sedikit berbeda, sehingga menjadi POI (point of iterest)

Garis Diagonal

Pola Teratur

Memaksimalkan Pola Dalam Komposisi

Saat anda menemukan pola yang menarik, ada beberapa 3 hal kunci yang bisa dilakukan untuk memaksimalkannya supaya terlihat lebih dramatis dalam foto:

Sudut Pemotretan

Sudut pemotretan memegang peran penting saat anda memotret pola, bisa jadi kelopak bunga anggrek yang terlihat datar saat anda memotretnya dari samping bisa terlihat sangat bagus saat anda memotretnya dari atas, misalnya. Bermain-mainlah dengan beberapa sudut pemotretan sampai anda menemukan yang terbaik.

Pola

Pola

Jenis Lensa/ Jarak Pemotretan

Pola yang muncul saat anda mengiris bawang merah tentu akan terlihat sangat biasa saat anda memotretnya dari jarak agak jauh, namun saat anda menggunakan lensa makro (atau mode makro), dan memotretnya dari jarak yang sangat dekat, semua menjadi tampak lebih baik.

Pola jarak dekat

Pola jarak dekat

Penuhi Frame Dengan Pola

Ya, tidak ada cara lain untuk mendramatisir pola selain memenuhi seluruh frame dengannya. Dengan memenuhi keseluruhan frame dengan pola, tidak ada elemen lain yang mengganggu mata yang melihat foto kita, sehingga pola makin terlihat kuat dan dramatis.

Pola

Pola memenuhi frame

Iklan

2 thoughts on “Fotografi: Elemen Pola

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s