Teknik Memotret Bayi


Memotret bayi memang gampang-gampang susah, tetapi dengan teknik fotografi memotret bayi yang tepat, Anda bisa mendapatkan gambar bagus.

DSC_4551

Pertama, buat daftar gambar yang ingin diambil sebelum Anda mengambil kamera. Saat mengambil foto bayi, waktu Anda sangat terbatas karena ada banyak variabel pengganggu yang ikut bermain. Pastikan untuk mendapatkan pegangan kokoh dan pengambilan gambar aman terlebih dahulu. Setelah Anda yakin dengan ini, mulailah mencari ide dan sudut baru dengan kreatif.

DSC_4488Lensa terbaik untuk digunakan pada jenis fotografi ini adalah lensa 50/85mm, memotret dengan diafragma lebar dan angka F-stop antara 5,6 dan 4 akan memungkinkan Anda untuk memotret dalam ruangan gelap dan menangkap titik fokus pada subjek Anda dengan latar belakang samar untuk menghilangkan gangguan.
DSC_4513Saat mengambil foto, atur kamera ke Aperture priority dan memilih f4 – F5.6 F-stop lebar. Fokus pada wajah bayi yang baru lahir dan masukan sedikit latar belakang dalam frame. Latar belakang warna-warni atau menarik benar-benar bagus untuk digunakan dalam situasi ini, karena mereka membuat adegan dan gambar yang lebih dramatis. Perspektif lain adalah Anda bisa mempertimbangkan untuk mengarahkan titik fokus pada kaki bayi dan melemparkan sisa atau framenya menjadi blur yang kreatif, posisi terbaik untuk ini adalah Anda berdiri di ujung di ujung kaki bayi serta dalam posisi yang cukup rendah.
DSC_4518
Memasang lensa zoom pada kamera Anda untuk memvariasikan komposisi bidikan adalah ide bagus untuk dipertimbangkan. Anda bisa mendapatkan sebuah gambar yang lucu dari kaki, tangan, telinga, dan hidung. Cobalah untuk menjangkau gambar secara lebar untuk mengungkapkan seluruh panjang tubuh bayi.

DSC_4535

Saat mengambil segala jenis portrait fotografi Anda perlu mempertimbangkan pemerataan cahaya. Jangan pernah gunakan flash, itu mengganggu suasana tenang yang ingin anda ciptakan, dan merusak gambar Anda dari tone dan tekstur. Posisikan bayi Anda, ranjang atau keranjang, di sebuah ruangan dengan jendela besar dan dinding putih, atau dekat jendela menggunakan lembaran putih atau tirai untuk meredakan cahaya yang masuk, jika cahaya tersebut sangat terang.


DSC_4850

Pastikan tidak ada item yang mengganggu seperti botol, popok, mainan pada latar depan atau latar belakang foto Anda. Sertakan selimut lembut untuk warna yang menarik, tone, dan tekstur. Pertimbangkan menggunakan alat peraga untuk penekanan ukuran dan objek untuk menjaga tema. Pastikan agar tidak terlihat terlalu berantakan. Menjaganya tetap sederhana adalah kuncinya.

DSC_4910

Pertimbangkan memotret dalam warna hitam putih atau mengedit menjadi hitam putih untuk beberapa bidikan Anda. Gambar hitam putih selalu membawa emosi kita lebih dari gambar berwarna-warni. Saat mengedit jepretan Anda, cobalah memainkan curves, atau preset pada perangkat lunak yang Anda gunakan untuk mengontrol contrast dan brightness pada bayangan, mid tones dan highlights. DSC_5008

Berikut 5 tips untuk mengambil foto (memotret) bayi yang dapat anda lakukan dengan mudah :

Melibatkan peranan anggota keluarga lainnya

Memotret bayi memang memiliki tantangan tersendiri apalagi bila bayi anda sudah mulai aktif, bagi anda yang memiliki bayi masih berusia dibawah satu bulan tidak akan sulit untuk mendapatkan foto yang terbaik ketimbang bayi yang sudah mulai merangkak. Anda dapat melibatkan peranan anggota keluarga dalam memperbaiki posisi bayi, mengambil alat peraga atau membuat bayi anda tersenyum. Anda juga dapat melibatkan mainan favoritnya untuk membuatnya lebih fokus dan menyukai kegiatan memotret.

libatkan
Hilangkan rasa ragu ketika memotret bayi anda

Memotret bayi memang sangat menyenangkan dan membuat anda terkejut dengan gerakan yang menarik dan juga ekspresi yang menggemaskan walaupun demikian anda membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan gerakan dan ekspresi tersebut. Anda tidak perlu khawatir ketika mengambil gambar, hasil yang spontan seperti ekspresi ketika bayi anda bangun tidur atau menangis dapat menjadi fose yang menarik untuk anda abadikan.

Screenshot_1Gunakan trik khusus ketika memotret menggunakn kamera handphone

Kini kamera handphone anda dapat menjadi salah satu alat yang sangat mudah untuk dijangkau ketika beberapa gerakan dan ekspresi bayi terjadi. Untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang terbaik hindari menggunakan fitur ‘zoom ‘ atau pembesar kemudian atur cahaya yang didapatkan. Lebih baik menggunakan cahaya alami dengan pencahayaan cukup dan hindari pula melawan arah cahaya untuk menghindari noise atau terjadinya bintik bintik pada hasil gambar anda.

18733_1326498768419_248406_n

Pilih fose bayi yang natural

Pada umumnya bayi memang sangat lucu untuk diabadikan melalui kamera akan tetapi untuk menambah hasil yang maksimal ketika memotret bayi anda dapat mengabadikan momen terbaik dengan memilih angle yang menggemaskan. Pilihlah aktivitas bayi yang natural seperti ketika makan, bermain, mandi atau ketika bayi anda tertidur. Selain itu momen terbaik bayi anda dapat diciptakan dengan membuatnya tertawa atau berteriak ataupun menggoyangkan mainan favoritnya.Anda juga harus memperhatikan ekspresi bayi anda dengan benda dan warna disekitarnya jangan sampai ekspresi bayi anda tenggelam.

1779882_10203305803951739_662402617_n 1557579_10203305846392800_1663068626_nMengambil foto bayi di dalam ruangan

Apabila anda akan mengambil foto bayi di dalam ruangan hindari menggunakan flash. Bayi tidak suka dengan lampu terang bersinar mengganggu pandangan mereka mata. Jika Anda menggunakan flash, Anda mungkin akan mendapatkan hasil foto yang kurang berkesan dengan senyum bayi yang terpaksa atau membuat bayi mengeluarkan air mata dari lampu flash yang digunakan. Mengambil potret bayi di rumah bisa menjadi cara yang baik untuk menghemat uang. Anda tidak perlu banyak menggunakan peralatan yang mewah dalam mendapatkan pencahayaan. Lampu kerja halogen atau lampu meja yang tersedia secara luas dan cukup murah dapat anda gunakan tanpa berlebihan.

fadia

Selamat Mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s