Stakeholder Sistem Informasi (Pekerja Informasi)


Stackeholder (Para Pemain)

Stakeholder

Stakeholder

Orang yang memiliki ketertarikan pada sistem informasi yang sudah ada atau ditawarkan. Stakeholder bisa termasuk pekerja teknis dan non teknis, bisa pekerja dalam atau luar organisasi. Di AS stake holder ini sering disebut pekerja informasi, yaitu: orang yang melibatkan pembuatan pengumpulan, pemrosesan dan pendistribusian, dan penggunaan informasi. Secara luas dapat dibagi 5 Kelompok

Pemilik Sistem (System Owner)

Pemilik sistem adalah sponsor SI dan advokad eksekutif, biasanya bertanggung jawab atas pendanaan proyek pengembangan, pengopeasian dan perawatan SI.

  • Pemilik sistem biasanya berasal dari tingkat manajemen
  • Untuk sistem ukuran menengah ke atas, pemilik sistem biasanya tingkat manajer menengah atau eksekutif.
  • Untuk sistem yang kecil, pemilik sistem bisa manajer menengah atau supervisor.
  • Pemilik sistem biasanya cenderung tertarik pada keuntungan bersih – berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sistem tersebut, Seberapa besar nilai atau keuntungan sistem terhadap bisnis.

Pengguna Sistem (System User)

Pengguna Sistem (System User)

Pengguna Sistem (System User)

Pengguna sistem Adalah “pelanggan” yang akan menggunakan atau terpengaruh SI pada basis reguler – mengcapture, menvalidasikan, memasukkan, menanggapi, menyimpan, dan bertukar data dan informasi.

  • Mayoritas pekerja informasi disebarang sistem informasi
  •  Cenderung Tidak mengacuhkan biaya dan keuntungan system
  • Lebih memperhatikan fungsionalitas sistem yang disediakan untuk pekerjaannya dan kemudahan mempelajari dan menggunakan sistem.
  •  Oleh karena itu diskusi dengan banyak pengguna harus dipertahankan pada tingkat persyaratan bisnis bukannya pada persyaratan teknis.

Ada banyak kelas pengguna, kesemuanya harus terlibat dalam proyek pengembangan sistem, yaitu : Pengguna sistem internal (Internal System User) adalah karyawan-karyawan bisnis, dimana SI dibangun untuk mereka. Para pengguna internal adalah mayoritas pengguna sistem dalam kebanyakan bisnis.

  • Pekerja administrasi dan layanan – mengerjakan pemrosesan transaksis sehari-hari, misalnya meproses pesanan, faktur pembayaran, dan sejenisnya. Mereka menulis dan mengarsipkan surat-surat. Kebanyakan data fundamental disemua bisnis ditangkap oleh mereka. Mereka cenderung terfokus pada kecepatan dan akurasi pemrosesan transaksi.
  • Staf teknis dan professional – terdiri dari spesialis bisnis dan industri yang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan spesialisasi yang tinggi. Contoh: Pengacara, akuntan, insinyur, analis pasar dan ahli iklan. Karena mereka didasarkan pada pengetahuan yang baik, mereka kadang disebut knowledge worker. SI yang dibuat berfokus pada informasi yang tepat pada waktunya untuk pemecahan masalah.
  • Manajer – adalah para pembuat keputusan. SI untuk manajer cenderung fokus secara keseluruhan pada akses informasi. Manajer memerlukan informasi yang tepat pada waktu yang tepat untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan membuat keputusan yang baik.
  • Supervisor cenderung fokus pada pemecahan masalah dan pembuatan keputusan sehari-hari.
  • Manajer menegah lebih peduli pada nasalah operasional dan pembuatan keputusan taktis (jangka pendek).
  • Manajer eksekutif lebih peduli pada perencanaan dan pembuatan keputusan strategis.

Pengguna sistem Eksternal (External System User) adalah pengguna yang merupakan konsumen. Internet telah memungkinkan hal tersebut. Pengguna eksternal adalah mayoritas pengguna SI Modern. Contoh:

  • Pelanggan – organisasi atau individu yang membeli produk atau layanan kita
  • Pemasok – organisasi tempat perusahaan kita membeli persedian dan barang mentah.
  • Rekan Kerja – organisasi tempat perusahaan kita membeli layanan atau berpartner.
  • Karyawan – karyawan yang bekerja dijalan atau dirumah

Pengguna sistem eksternal sering disebut remote user dan mobile user. Mereka terhubung dengan sistem informasi kita melalui komputer laptop, komputer genggam dan telepon pintar (smart phone) – dengan atau tanpa kabel.

Desainer Sistem (System Designer)

Desainer Sistem (System Designer)

Desainer Sistem (System Designer)

Desainer sistem adalah spesialis teknis yang menerjemahkan persyaratan bisnis pengguna sistem dan pembatas solusi teknis. Bertugas mendesain database, input, output, screen (layar/tampilan), jaringan, dan perangkat lunak komputer yang akan memenuhi persyaratan pengguna sistem. Desainer sistem adalah spesialis teknologi informasi yang menggunakan teknologi terpilih. Cenderung fokus pada keahlian teknik khusus. Misalnya :

  • Administrator database (database Administrator) – spesialis dalam teknologi database yang digunakan untuk mendesain dan mengkoordinasikan perubahan ke database perusahaan.
  • Arsitek jaringan (network architect) – spesialis dalam teknologi database yang digunakan untuk mendesain dan mengkoordinasikan perubahaan ke database perusahaan.
  • Arsitek web (web architect) – spesialis yang mendesain situs web yang kompleks untuk organisasi, termasuk situs web public untuk internet, situs web internal untuk organisasi (disebut intranet), dan situs web pribadi antarbisnis (disebut extranet)
  • Artis grafik (graphic artist) – realtif baru dalam campuran pekerja TI saat ini, spesialis dalam teknologi grafis dan metode yang digunakan untuk mendesain dan membangun antarmuka yang kuat serta mudah digunakan ke sistem, termasuk anatarmuka untuk PC, web, komputer genggam, dan smartphone.
  • Ahli keamanan (security expert) – spesialisasi dalam teknologi dan metode yang digunakan untuk memastikan keamanan data dan jaringan.
  • Spesialis teknologi (technologi spesialis) – ahli dalam penerapan teknologi spesifik atau tipe perangkat keras yang spesifik.
Pembangun Sistem (System Builder/Programmer)

Pembangun Sistem (System Builder/Programmer)

Pembangun Sistem (System Builder)

Pembangun sistem adalah Adalah spesialis teknis yang membangun sistem informasi dan komponen yang didasarkan pada spesifikasi desain yang dihasilkan oleh desainer sistem. Contoh :

  • Programmer Aplikasi – spesialis yang mengkonversi persyaratan bisnis dan persyaratan masalah dan prosedur ke dalam bahasa komputer. Mengembangkan dan menguji program untu menangkap dan menyimpan data serta mencari dan mendapatkan kembali data untuk aplikasi komputer.
  • Programmer Sistem – spesialis yang mengembangkan, menguji dan mengimplementasikan perangkat lunak tingkat sistem informasi, utilitas, dan layanan. Mereka juga mengembangkan “komponen” perangkat lunak yang dapat digunakan lagi (reusable) untuk digunakan oleh programmer aplikasi.
  • Programmer database – spesialis dalam bahasa dan teknologi database yang membangun, memodifikasi, dan menguji struktur database serta program yang menggunakan dan memelihara database tersebut.
  • Administrator jaringan – spesialis yang mendesaain, menginstall, troubleshoot, dan mengoptimalkan jaringan.
  • Webmaster – spesialis yang mengkodekan dan mememlihara server web.
  • Software integrator – spesialis yang mengitegrasikan paket perangkat lunak dengan perangkat keras, jaringan, dan paket perangkat lunak lainnya.

Analis Sistem (System Analyst)

Analis Sistem (system analyst)

Analis Sistem (system analyst)

Analis sistem adalah spesialis yang mempelajari masalah dan kebutuhan sebuah organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses dan teknologi informasi dapat mencapai kemajuan terbaik untuk bisnis. Pemilik, pengguna, desainer dan pembangun sistem sering memiliki prespektif yang berbeda pada sistem informasi yang dibangun. Beberapa ada yang tertarik pada hal-hal yang umum, sedangkan yang lain fokus pada hal-hal yang lebih rinci. Beberapa non teknis, sedangkan yang lain sangat teknis. Hal ini menunjukkan jurang komunikasi yang selalu ada pada mereka yang membutuhkan teknologi informasi. Analis Sistem menjembatani jurang tersebut. Analisis harus memahami bisnis dan komputer. Mereka mempelajari masalah dan kesempatan bisnis kemudian mentasformasikan persyaratan bisnis dan informasi ke dalam spesifikasi SI yang akan diimplementasikan oleh berbagai macam spesialis teknis termasuk programmer komputer.

Analis SI hanya bernilai bagi bisnis jika dapat membantu memecahkan masalah atau mempengaruhi perbaikan/peningkatan. Analisis sistem memulai perubahan di dalam sebuah organisasi. Setiap sistem baru mengubah bisnis. SI diharapkan menyediakan informasi yang dapat digunakan untuk keuntungan kompetitif, menemukan pasar dan layanan baru, dan bahkan secara dramatis mengubah dan memperbaiki cara organisasi berbisnis.

Analis adalah pemecah masalah (problem solver), dimana masalah dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus dikoreksi, kesempatan untuk meningkatkan/memperbaiki situasi atau petunjuk untuk mengubah sesuatu baik ada keluhan maupun tidak ada keluhan. Dimanakah Analis Sistem Bekerja? Pertanyaan ini sangat penting untuk dijawab ! Analisis sistem dapat bekerja disemua lini bisnis. Bukankah setiap masalah harus dianalisis dan dipecahkan, dan SI adalah salah satu jawaban efektif dan efisien dalam memecahkan berbagai masalah.

Bergembiralah, lapang kerja luas untuk anda!

4 thoughts on “Stakeholder Sistem Informasi (Pekerja Informasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s