Komposisi Fotografi – Simplicity


Simplicity atau kesederhanaan dalam menangkap obyek foto berarti dapat menentukan apa yang akan kita tonjolkan dari foto kita tersebut. Bagaimana kita bisa mengisolasi obyek utama atau sering disebut POI (Point of Interest) dari foto kita tersebut. Isolasi POI ini dapat dengan bermacam-macam cara, seperti cropping/zoom-in, mencari angle lain, menggelapkan background, membuat background blur dsb.

Simplicity

Proses isolasi ini bisa langsung dilakukan saat kita memotret (ini yang disarankan karena dapat melatih perasaan dan kejelian kita memilih POI) atau untuk beberapa kasus bisa dilakukan dengan post-process perangkat lunak.

simplicity3

Tips untuk Komposisi Simplicity

Temukan Point of Interest (POI)

POI akan menjadi titik awal untuk mengeksplorasi sebuah karya foto. Dengan adanya elemen sebagai POI mampu membimbing orang yang melihat foto itu untuk memahami konteks foto secara keseluruhan dalam seketika. Menemukan POI juga memudahkan seorang fotografer untuk merekam sebuah kejadian dengan cepat.

400678_10201292779507386_98989835_n

Nah foto dengan banyak detail akhirnya detail-detail tersebut menjadi elemen yang menarik perhatian dari subyek utama foto, atau malah bisa terkesan ada terlalu banyak Point of Interest di dalam foto tersebut.

simplicity5

Temukan Obyek yang Minimalis

Cobalah ambil foto sederhana dan minimalis, kalian bisa menggunakan framing ketat, atau memotret dari angle berbeda pada kebanyakan kondisi bisa membantu mendapatkan kesederhanaan dalam sebuah foto. Hilangkan beberapa elemen yang berpotensi menjadi pemecah perhatian atau distraction dan mampu untuk memperbesar efek dari subyek utama bagi penikmat foto.

simplicity1

 Praktekkan Rule of Thirds

Atur keseimbangan komposisi dengan mempraktekkan Rule of Thirds. Sebelum memutuskan untuk menekan tombol shutter, bayangkan dulu bagian titik mana yang bisa dimasukkan ke frame foto. Karena keseimbangan komposisi foto merupakan salah satu faktor yang layak untuk dipertimbangkan ketika memotret.

simplicity4

DSC_3089

DSC_0634

simplicity6

Selamat mencoba !

6 thoughts on “Komposisi Fotografi – Simplicity

Tinggalkan komentar